Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Hujan Lebat, Kecepatan Whoosh Turun hingga 40 Km Per Jam, Perjalanan Terlambat

Kompas.com - 26/04/2024, 07:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia (KCIC) mengungkapkan perjalanan Kereta Cepat Whoosh sempat terlambat pada Kamis (25/4/2024) sore akibat cuaca buruk.

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan, petugas menerima alarm sistem monitoring curah hujan (rainfall monitoring system) pada pukul 16.32 WIB.

Alarm tersebut mengindikasikan adanya intensitas hujan yang tinggi di antara Stasiun Karawang dan Stasiun Padalarang, tepatnya di Km 41+629 sampai Km 80+845.

"Untuk memastikan keselamatan perjalanan dan mengantisipasi potensi bahaya, kecepatan kereta dibatasi pada wilayah yang mengalami hujan dengan intensitas tinggi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis.

Akibatnya, laju Kereta Cepat Whoosh menjadi menurun dari yang seharusnya mencapai 350 kilometer per jam. Hal ini membuat perjalanan Whoosh menjadi terhambat.

Baca juga: Layani Angkutan Lebaran Perdana, Kereta Cepat Whoosh Angkut 222.309 Penumpang

Eva mengatakan, pihaknya telah memberikan kompensasi kepada penumpang yang terdampak keterlambatan dengan memberikan makanan dan minuman di stasiun keberangkatan atau kedatangan Whoosh.

Kendati demikian, KCIC terus memantau kondisi cuaca di sekitar trase Kereta Cepat Whoosh terus dilakukan sebagai bentuk upaya untuk memastikan perjalanan kereta dapat berlangsung dengan aman.

Eva bilang, apabila kondisi cuaca membaik, secara bertahap kecepatan laju Kereta Cepat Whoosh kembali ditingkatkan.

"Pemantauan terhadap hal-hal yang bisa mengganggu perjalanan terus kami lakukan untuk memastikan perjalanan Whoosh berjalan aman, lancar dan tanpa kendala," tuturnya.

Baca juga: Soal Utang Proyek Kereta Cepat Whoosh, KAI Minta Dukungan Pemerintah

Kecepatan turun hingga 40 km per jam

Dikutip dari Tribunnews, Perjalanan Kereta Cepat Whoosh rute Stasiun Padalarang-Stasiun Halim sempat melambat hingga menyentuh 40 km per jam pada Kamis (25/4/2024).

Salah satu penumpang Kereta Cepat Whoosh yang enggan disebutkan namanya mengatakan, perjalanan kereta mulai melambat imbas hujan deras yang menyelimuti wilayah Bandung Barat pada Kamis sore.

Dia mengatakan, mulanya perjalanan Kereta Cepat Whoosh berjalan normal. Namun, di tengah perjalanan tiba-tiba melambat hingga 40 km per jam. Bahkan, hal itu diumumkan announcer kereta dalam perjalanan.

Sehingga, jadwal kedatangan di Stasiun Halim yang seharusnya pukul 17.40 WIB menjadi 18.30 WIB.

"Tadi ada pengumuman untuk keamanan maka kecepatan diturunkan," katanya saat dihubungi Tribunnews, Kamis.

Dia mengatakan, saat perjalanan KA Whoosh sampai di Stasiun Karawang kecepatan kereta kembali normal. Hal ini pun disiarkan announcer kereta.

"Rugi waktu. Tapi apabila untuk keselamatan maka tidak apa-apa," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com