Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layani Angkutan Lebaran Perdana, Kereta Cepat Whoosh Angkut 222.309 Penumpang

Kompas.com - 25/04/2024, 08:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk pertama kalinya melayani Angkutan Lebaran. Jumlah penumpang yang diangkut mencapai 222.309 penumpang.

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, realisasi tersebut terdiri dari 4.179 penumpang First Class, 9.443 penumpang Business Class, dan 208.687 penumpang Premium Economy.

"Kereta Cepat Whoosh berhasil mengangkut 222.309 penumpang selama periode Angkutan Lebaran perdana tahun 2024 dengan jumlah penumpang tertinggi mencapai hingga 21.500 penumpang per hari," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/4/2024).

Pada periode Angkutan Lebaran 2024, KCIC mengoperasikan 832 perjalanan Kereta Cepat Whoosh atau sebanyak 52 perjalanan per hari.

Baca juga: KCIC Layani 21.500 Penumpang Whoosh Selama Puncak Arus Balik

Adapun selama periode ini ketepatan waktu keberangkatan Kereta Cepat Whoosh mencapai 100 persen atau tanpa keterlambatan sama sekali.

Stasiun keberangkatan dengan pergerakan penumpang tertinggi pada masa Angkutan Lebaran merupakan Stasiun Halim sebanyak 115.823 penumpang, kemudian Stasiun Padalarang sebanyak 75.455 penumpang dan Stasiun Tegalluar sebanyak 31.031 penumpang.

Eva mengungkapkan, berbagai kendala-kendala pada angkutan Lebaran perdana ini berhasil diantisipasi karena sarana dan prasarana telah disiapkan secara matang.

Baca juga: Luhut Sebut Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Layak Dilanjutkan, Tim Proyek Segera Dibentuk

 


Di samping itu, petugas juga dengan sigap menangani hal-hal yang terjadi di lapangan sehingga seluruh perjalanan kereta cepat Whoosh berlangsung dengan aman dan lancar.

"Selama momen Angkutan Lebaran perdana ini, secara keseluruhan operasional Whoosh berjalan selamat, aman, lancar, terkendali, dan tidak ada gangguan yang berarti," tuturnya.

Meski demikian, kata Eva, KCIC akan terus melakukan berbagai evaluasi dan langkah perbaikan untuk menghadapi momen libur panjang lainnya.

Baca juga: Soal Utang Proyek Kereta Cepat Whoosh, KAI Minta Dukungan Pemerintah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com