Libur Imlek Usai, Harga Emas Melambung ke Level Tertinggi 3 Bulan

Kompas.com - 11/02/2014, 08:10 WIB
EditorErlangga Djumena

CHICAGO, KOMPAS.com -Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup pada tingkat tertinggi sejak pertengahan November 2013 pada Senin (10/2/2014) waktu setempat (Selasa pagi WIB), karena pembeli China kembali ke pasar setelah libur Tahun Baru Imlek tujuh hari.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April naik 11,8 dollar AS, atau 0,93 persen, menjadi menetap di 1.274,7 dollar AS per ounce.

Asosiasi Emas China melaporkan pada 10 Februari bahwa konsumsi emas China untuk pertama kalinya melebihi 1.000 ton menjadi mencapai 1.176,40 ton pada 2013, kenaikan tahun ke tahun 41,36 persen. Sementara itu, produksi emas China naik 6,2 persen pada 2013 ke rekor 428,16 ton.

Investor juga sedikit gelisah karena Ketua Federal Reserve Janet Yellen akan memberikan keterangan tentang kebijakan moneternya pada Selasa di depan Komite Keuangan DPR AS, penampilan pertamanya sejak mengambil alih posisi ketua dari Ben Bernanke.

Harga emas telah meningkat sekitar enam persen sejak awal tahun ini karena pasar saham seluruh dunia telah mundur akibat gejolak mata uang di beberapa pasar negara berkembang.

Tetapi para analis pasar meragukan jika harga emas dapat mempertahankan keuntungan baru-baru ini, karena sentimen pesimistis investor tidak berubah.

Perak untuk pengiriman Maret naik 17,6 sen, atau 0,88 persen, menjadi ditutup pada 20,112 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 6,7 dollar AS, atau 0,49 persen, menjadi ditutup pada 1.385,9 dollar AS per ounce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.