Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Pilih Tanam Kedelai Jelang Musim Kemarau Panjang

Kompas.com - 28/03/2014, 16:38 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan menilai musim kemarau panjang akan mendorong para petani menanam kedelai.

"Kalau kemaraunya panjang, pertama itu akan baik lagi bagi produk-produk horti non beras, kedelai, segala macem. Ya kenapa kemarin produksi kedelai turun, karena sepanjang 2013 kemarau basah dan orang lebih berkeinginan menanam padi," ungkap Rusman ditemui di Agrinex Expo 8, Jakarta, Jumat (28/3/2014).

Rusman memprediksikan El Nino hanya akan terasa di Indonesia bagian barat, khususnya pulau Jawa. Sementara itu, cuaca di kawasan timur Indonesia diperkirakan normal. Meskipun demikian, Rusman mengatakan ini tidak akan berpengaruh besar terhadap produktivitas padi. Pasalnya, saat ini sudah banyak varietas padi yang adaptif terhadap cuaca panas El Nino.

Seiring makin banyaknya orang menanam kedelai, diprediksi pada tahun ini produksi kedelai bisa mencapai 1,5 juta ton. Masih lebih rendah dibanding kebutuhan nasional yang mencapai 2,2 juta ton.

"Kalau padi, saya optimis ya. Mungkin tidak sampai 10 juta lah surplusnya. Ya mungkin 8 juta. Tapi tidak akan ada impor di tahun 2014 untuk beras yang medium," tukas Rusman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com