Kompas.com - 08/04/2014, 11:05 WIB
Freeport KOMPAS/AGUS SUSANTOFreeport
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com —
PT Freeport Indonesia akhirnya bersedia untuk menyetor deposit 5 persen dari total investasi pembangunan smelter atau sebesar 100 juta dollar AS. Namun, sebagai gantinya, Freeport tidak bersedia bila Kementerian Keuangan (Kemkeu) mengutip bea keluar 25 persen tahun ini.

Rozik B Soetjipto, Presiden Direktur Freeport Indonesia, menyatakan, dana yang siap disetorkan perusahaan lebih kurang mencapai 100 juta dollar AS.

Namun, pihaknya masih menunggu legalitas dari kebijakan jaminan kesungguhan tersebut. "Kami masih belum tahu cara penyetorannya seperti apa, untuk jumlahnya ya sekitar segitu (100 juta dollar AS)," kata Rozik seperti dikutip KONTAN, pekan lalu.

Dede I Suhendra, Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM, menyatakan, setoran jaminan 5 persen tersebut bisa diambil kembali bila perusahaan sudah rampung membangun smelter pada 2017 mendatang.

"Kami memang menginginkan tarif bea keluar serendah mungkin. Yang penting, pembangunan smelter berjalan di tahun 2017. Uang jaminan itu sebagai upaya merendahkan tarif bea keluar," kata Dede. (Muhammad Yazid)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.