Ini Bursa Calon Menteri Ekonomi Jokowi-JK

Kompas.com - 11/08/2014, 14:02 WIB
Ilustrasi KONTAN/DANIEL PRABOWOIlustrasi
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com —
Setelah presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) membentuk tim transisi, pembicaraan calon menteri dalam pemerintahan periode 2014-2019 semakin santer terdengar. Sejumlah nama yang selama ini malang melintang di pemerintahan atau korporasi masuk dalam bursa itu.

Sumber Kontan dari lingkaran dalam Jokowi-JK menyebutkan, salah satu kandidat menteri keuangan adalah Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Bahkan, beberapa kali Jokowi bertemu mantan Menteri Keuangan ini secara resmi atau diam-diam untuk membahas seputar ekonomi. 

Selain Agus, nama Thomas Trikasih Lembong juga masuk bursa calon menteri keuangan. Pria yang akrab disapa Tom Lembong ini adalah bekas bankir investasi Morgan Stanley serta eks Kepala Divisi Asset Management Investment (AMI) Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Sepak terjangnya juga menggegerkan dunia keuangan Indonesia saat ia bersama Farindo Investments, yang terafiliasi dengan Grup Djarum, membeli saham BCA. Kini, Tom Lembong mendirikan dan mengelola Quvat Capital, sebuah private equity fund, yang berbasis di Singapura. 

Di posisi menko perekonomian, nama pemilik Grup Toba Bara, yang juga pensiunan jenderal TNI, Luhut Binsar Panjaitan, masuk bursa kandidat. Nama lain yang beredar ialah Rini Mariani Soemarno serta Chairul Tanjung, yang kini menjabat posisi tersebut. 

Nama lain yang juga masuk bursa calon menteri adalah Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Ignasius Jonan, untuk posisi menteri perhubungan. Emirsyah Satar, Direktur Utama Garuda Indonesia, serta Dahlan Iskan, masuk dalam bursa calon pengisi menteri BUMN.

Dosen ekonomi pembangunan Universitas Indonesia yang juga pendiri Cyrus Surveyors, Andrinof A Chaniago, konon masuk kandidat sebagai menteri pertanian. Namun, kabar itu ditepis oleh Andrinof. "Wah, itu kabar yang jauh dari kenyataan," ujar dia, Minggu (10/8/2014).

Anis Baswedan, Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, menolak berkomentar atas nama-nama calon menteri tersebut. "Yang tahu yang di atas langit, kami tidak ikut personalia langitan," kata Anies, Jumat (8/8/2014).

Jokowi yang menyambangi Kantor Transisi, Jumat (8/8/2014), juga memilih masuk mobilnya. Jokowi enggan berbicara mengenai calon menteri. 

Menurut pengamat politik, Boni Hargens, yang mengaku ikut pertemuan tertutup antara Jokowi dan relawan, pada Jumat (8/8/2014), Jokowi-JK masih fokus mengurus peralihan pemerintahan. Calon menteri akan digodok pada pertengahan September. (Agus Triyono, Barly Haliem, Dikky Setiawan)         
baca juga: Dua Agenda Pokok Perekonomian Presiden Terpilih

Baca tentang


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X