Ditunjuk Jokowi Jadi Kepala SKK Migas, Ini Prioritas Amien Sunaryadi

Kompas.com - 19/11/2014, 14:17 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo "Jokowi" telah menunjuk Amien Sunaryadi menjadi Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kerja Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Amien pun menyampaikan beberapa prioritas kerja untuk membenahi SKK Migas.

"Saya mengetahui ada 300 perusahaan kontraktor kontrak kerja sama (K3S) yang diberi kontrak dan 1.500 kontraktor. Ini transaksinya banyak, agar transaksi cepat perlu proses yang jelas," ujar Amien dalam jumpa pers di Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu (19/11/2014).

Dia menjelaskan, selain membenahi perizinan yang melibatkan SKK Migas, K3S, dan kontraktor, Amien juga akan membenahi internal SKK Migas.

"Saya juga akan membenahi sistem manajemen keuangan SKK Migas karena terikat dengan APBN," kata dia.

Sementara itu terkait peningkatan lifting minyak, Amien mengaku sudah memiliki rencana. Salah satu yang perhatian Amien tertuju kepada perizinan yang bertele-tele. Oleh karena itu kata dia, hal pertama yang harus dilakukan untuk meningkatkan listing adalah mengecek semua perizinan yang menghambat eksplorasi migas di Indonesia.

"Saya observasi izin-izin dari pusat sampai kabupaten kota. Lalu, pembebasan tanah di pelosok-pelosok, itu terkait dengan instansi lain. Jadi dibutuhkan koordinasi untuk itu," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.