Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Andalkan Komoditas untuk Ekspor, Indonesia seperti VOC

Kompas.com - 26/06/2015, 16:48 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Ketua Forum Industri Pengguna Gas Bumi Achmad Safiun mengatakan, jika Indonesia masih menggantungkan ekspor hanya dari komoditas saja, hal ini tidak beda dengan VOC zaman dijajah Belanda dahulu.

"Indonesia ekspor banyak bergantung pada komoditas. Ini tidak beda dengan VOC jaman Belanda dulu, ekspor rempah-rempah ke Eropa. Masa ratusan tahun, kita sudah merdeka, tidak berubah?" ujar Safiun dalam diskusi acara rapat Sinkronisasi Kebijakkan Bidang Perindustrian dengan Dunia Usaha, di Gedung Kementerian Perindustrian, Jumat (26/6/2015).

Ia mengatakan, ekspor komoditas itu sedang tidak baik saat ini. Permintaan komoditas dunia menurun karena ekonomi di dunia juga sedang melambat, pasokan pun berlebih. Akibatnya harga komoditas sedang jeblok.

Indonesia harus memperkuat hilirisasi, sehingga bahan baku tidak jual menjadi komoditas. Apabila bahan baku diolah, bisa memberikan nilai tambah. "Indonesia jadi negera produsen barang jadi, industri manufaktur. Jangan hanya komoditas saja," ujar Safiun. (Benediktus Krisna Yogatama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com