Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Insentif untuk Industri Pertambangan

Kompas.com - 01/09/2015, 20:11 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, pemerintah tengah menyusun sejumlah langkah yang akan dirilis dalam bentuk paket kebijakan guna mendorong investasi dan aktivitas ekonomi.

Khusus di kementeriannya, Sudirman mengatakan akan memberikan insentif bagi industri pertambangan. Namun, Sudirman belum mau membeberkan bentuk insentif yang akan diberikan lantaran masih dalam pembahasan.

"Tidak ada relaksasi (ekspor mineral). Yang ada adalah bagaimana mencari insentif supaya ekonomi itu berjalan. Dalam urusan nikel dan bauksit, itu bagaimana pembangunan smelter berjalan lancar sesuai dengan target,” kata Sudirman ditemui usai rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Sudirman menegaskan, deregulasi kebijakan di sektor pertambangan mineral dipastikan tidak akan membelokkan konsistensi pemerintah atas upaya hilirisasi. Sama halnya seperti menteri lain, Sudirman menambahkan, saat ini mereka diberi waktu untuk mendetilkan peraturan yang akan dikeluarkan.

“Hari besok ada sidang kabinet, Pak Menko akan presentasi poin-poin besarnya. Sudah itu kemungkinan Kamis akan disampaikan framework-nya. Nanti setelah itu secara berkala diumumkan detilnya,” tutur Sudirman.

Sebagaimana dikabarkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi untuk mendorong kegiatan ekonomi RI, di kantornya, Selasa. Rapat dihadiri oleh sejumlah menteri diantaranya Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, serta Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com