Kompas.com - 02/12/2015, 10:17 WIB
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Data inflasi berhasil mengangkat rupiah. Di pasar spot, Selasa (1/12/2015) kemarin, nilai tukar rupiah di hadapan dollar Amerika Serikat (AS) menguat 0,45 persen dibandingkan sehari sebelumnya menjadi Rp 13.784 per dollar AS. Sementara kurs tengah rupiah di Bank Indonesia (BI) menguat 0,23 persen menjadi 13.808.

Ekonom Bank Permata, Josua Pardede mengatakan, rupiah sudah menguat sejak awal perdagangan.

Ia melihat, pasar lebih merespons data inflasi dalam negeri bulan November 2015 yang melandai di level 0,21 persen. Bahkan secara tahunan berada di bawah 5 persen.

Hingga akhir tahun ini Josua memperkirakan, inflasi akan sedikit berada di bawah 3 persen. “Dengan asumsi tersebut, maka inflasi masih cukup terkendali dan sesuai target pemerintah,” katanya.

Andri Hardianto, Research and Analyst PT Fortis Asia Futures, juga mengatakan, data inflasi menjadi sumber tenaga bagi rupiah. Namun, penurunan indeks manufaktur China menyebabkan rupiah masih rentan koreksi. Selanjutnya, pasar menanti data tingkat kepercayaan konsumen dan penjualan ritel.

Rabu (2/12/2015) ini  Andri memperkirakan rupiah menguat di 13.730–13.900. Adapun, prediksi Josua, rupiah menguat di 13.675–13.800.

Sementara itu pada perdagangan di pasar spot pagi ini,  berdasarkan data Bloomberg pukul 10.00 WIB, mata uang garuda berada di posisi Rp 13.783, naik tipis dibanding kemarin. (Wuwun Nafsiah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber KONTAN
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.