Perusahaan Pembiayaan atau Multifinance Akan Menjadi Penyalur Kredit Usaha Rakyat

Kompas.com - 01/02/2016, 15:00 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk tahun 2016 ini, tidak hanya perbankan yang menjadi pihak penyalur. Perusahaan pembiayaan atau multifinance pun akan menjadi penyalur KUR.

Menurut Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 1 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Edi Setiadi, regulator masih dalam tahap penetapan kriteria perusahaan pembiayaan yang akan menjadi penyalur KUR. Namun begitu, sudah ada lima kandidat perusahaan pembiayaan yang akan menyalurkan KUR tahun ini. Kelima perusahaan pembiayaan yang menjadi kandidat penyalur KUR antara lain BCA Finance, Adira Finance, MNC Finance, Astra Multifinance, dan Mega Finance.

"Masih dalam tahap pilot project. Dana (KUR) yang disalurkan melalui perusahaan pembiayaan ditargetkan Rp 1,2 triliun," kata Edi dalam jumpa pers Kinerja IKNB 2015 di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Namun begitu, lanjut Edi, penetapan hingga sampai ke tahap final ada di tangan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. OJK telah mengajukan kandidat-kandidat perusahaan pembiayaan yang akan menyalurkan KUR, namun ketetapan tetap berada di Menko Perekonomian.

Edi menambahkan, meski untuk tahap awal hanya 5 perusahaan pembiayaan yang akan menyalurkan KUR, namun regulator berupaya agar ke depan semakin banyak perusahaan pembiayaan yang juga bisa menyalurkan kredit usaha tersebut. Adapun terkait sektor, OJK pun berharap sektor pembiayaan KUR oleh perusahaan pembiayaan semakin luas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.