Bulog Sangga Komoditas Beras, Jagung, dan Kedelai

Kompas.com - 19/02/2016, 14:47 WIB
Djarot Kusumayakti KONTAN/CAROLUS AGUS WALUYODjarot Kusumayakti
|
EditorM Fajar Marta
JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti optimistis pihaknya tidak butuh dukungan APBN untuk dua komoditas tambahan yang ditangani Bulog.

Saat ini pemerintah tengah menyusun peraturan presiden (perpres) yang isinya menyatakan penunjukan Bulog sebagai badan penyangga dan stabilisator untuk harga komoditas pangan strategis.

Dari 11 komoditas yang direncanakan, rapat koordinasi yang digelar terakhir di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Kamis (18/2/2016), memutuskan, komoditas pangan yang disangga Bulog mengerucut pada tiga jenis, yakni beras, jagung, dan kedelai.

"Enggak perlu (dukungan APBN), wong bisnis," kata Djarot kepada wartawan saat dijumpai seusai rapat.

Sebelumnya Bulog hanya menjadi badan penyangga untuk komoditas beras.

Untuk komoditas ini, Bulog berperan melakukan stabilisasi harga beras bukan hanya lewat operasi pasar, melainkan menjalankan penugasan pengelolaan beras subsidi atau beras sejahtera.

Di samping itu, Bulog juga turut menjaga pasokan beras di pasar melalui bisnis beras komersial.

Djarot mengatakan, sama halnya dengan beras, nantinya pengadaan baik untuk jagung maupun kedelai bersumber dari dalam negeri maupun impor.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Srie Augustina membenarkan bahwa dari 11 komoditas yang direncanakan, pemerintah memfokuskan pada tiga komoditas, yakni beras, jagung, dan kedelai.

Dalam rapat koordinasi, Srie menambahkan, pemerintah juga memastikan kesiapan Bulog untuk menambah komoditas pangan strategis yang menjadi tugasnya.

Sementara untuk pendanaannya, Srie mengatakan, pemerintah akan memberikan dukungan berupa jaminan kredit.

"Perpresnya masih diperbaiki, jadi belum final. Tapi tiga komoditas itu sudah jelas, dan Bulog mendapatkan jaminan untuk mendapatkan kredit," ujar Srie.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X