Ini Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Pesawat

Kompas.com - 29/06/2016, 18:32 WIB
|
EditorM Fajar Marta

PADANG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik untuk tidak membawa barang bawaan terlalu banyak.

Pasalnya, selain akan merepotkan pemudik itu sendiri, pihak bandara pun akan kewalahan menangani arus barang yang masuk ke bandara.

"Kami menghimbau masyarakat yang ingin mudik menggunakan moda pesawat terbang untuk tidak membawa barang bawaan terlalu banyak," ujar Kepala Sub Direktorat Pelayanan Darurat Kementerian Perhubungan, Fellyus di Padang, Rabu (29/6/2016).

Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat yang akan melakukan mudik dengan moda transportasi udara untuk datang ke bandara jauh sebelum jam keberangkatan.

Himbauan tersebut bertujuan agar tidak terjadi penumpukan penumpang di tempat pemeriksaan x-ray.

Karena penumpukan tersebut bisa memicu terjadinya perselisihan antara penumpang dengan petugas bandara atau pun antar sesama penumpang.

"Dihimbau masyarakat untuk tidak datang ke bandara dengan waktu mepet, karena akan terjadi penumpukan di x-ray. Kami tidak ingin terjadi ribut-ribut antara penumpang dengan petugas bandara, itu kan tidak bagus," imbuh Fellyus.

General Manager Bandara Internasional Minangkabau, Suparlan pun mengatakan pentingnya para pemudik untuk tidak membawa barang bawaan berlebihan.

"Kapasitasnya hanya 20 ton, kalau lebih tidak akan jalan, berhenti dengan sendirinya," pungkas Suparlan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.