Kompas.com - 19/12/2016, 14:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo melakukan tinjauan dan sosialisasi uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016 di pusat perbelanjaan Blok M Square di Jakarta Selatan, Senin (19/12/2016).

Di pusat perbelanjaan tersebut, Agus juga menyaksikan layanan penukaran uang NKRI desain baru tersebut.

Agus datang ke Blok M Square sekitar pukul 11.30 WIB. Ia datang didampingi oleh Deputi Gubernur BI Ronald Waas.

Di lokasi tersebut, ternyata masyarakat sudah mengantri untuk melakukan penukaran uang NKRI tahun emisi 2016. Ada dua unit mobil layanan penukaran uang yang disiagakan BI.

(Baca: Ini Tempat untuk Penukaran Uang NKRI Desain Baru)

Masyarakat bisa menukarkan uang rupiah lamanya dengan uang NKRI tahun emisi 2016 senilai Rp 3,8 juta.

Selain meninjau langsung, Agus pun berbelanja beragam barang di Blok M Square dengan menggunakan uang NKRI tahun emisi 2016. Ia antara lain membeli kemeja batik, peci, dan kerajinan perak.

Selain menampilkan gambar 12 orang pahlawan nasional. Seluruh pecahan uang rupiah desain baru diperkenalkan hari ini, yakni 7 uang kertas dan 4 uang logam ini juga menampilkan berbagai aspek pengamanan uang.

(Baca: Pengamanan Uang Rupiah Salah Satu yang Terbaik di Dunia)

Peluncuran uang NKRI tahun emisi 2016 tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Selain itu, peluncuran juga dihadiri jajaran menteri, kalangan perbankan, dan para ahli waris pahlawan nasional yang diabadikan dalam gambar muka uang.

Kompas TV Inilah Wajah Baru Rupiah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.