Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Pengendalian Inflasi 2017 Jadi Tantangan

Kompas.com - 26/01/2017, 17:16 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, pada tahun 2017 ada tantangan yang perlu dihadapi yaitu pengendalian inflasi. Seperti diberitakan, inflasi sepanjang tahun 2016 tercatat sebesar 3,02 persen, terendah dalam lima tahun terakhir.

Menurutnya, faktor yang mendorong terjadinya inflasi rendah pada tahun lalu adalah administered price atau harga yang diatur pemerintah.  Tarif listrik hingga harga bahan bakar minyak (BBM) relatif stabil pada tahun 2016.

"Orang kemudian akan secara logis bertanya apakah pada tahun 2017 pemerintah Indonesia akan mampu menjaga administered price agar relatif terus stabil dan ini akan menjadi tantangan yang tidak mudah," ujar Sri Mulyani saat acara CIMB Niaga Economic Forum 2017 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Dia menjelaskan, sedangkan pada tahun ini, pemerintah harus mengambil kebijakan yang berpengaruh pada kenaikan administered price, seperti kebijakan realokasi subsidi dan cara penyaluran subsidi sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Ini tantangan yang tidak mudah karena pada kebijakan fiskal di 2017, DPR memberi sinyal kalau ada beberapa policy kebijakan APBN yang berimplikasi pada perubahan subsidi dan pembayaran subsidi," ungkap Sri Mulyani.

Dengan itu, pihaknya bersama dengan Bank Indonesia telah berkomitmen dalam menjaga inflasi, seperti mengendalikan harga pangan yang bergejolak dan mengurangi inflasi inti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com