Jelang Ramadhan, Mentan Pastikan Harga dan Pasokan Pangan Aman

Kompas.com - 03/04/2017, 19:43 WIB
 Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat melalukan rapat kerja dengan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (3/4/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat melalukan rapat kerja dengan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (3/4/2017).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menegaskan, jelang momen Ramdhan dan Hari Raya Idul Fitri 2017, harga dan pasokan pangan dipastikan berjalan aman.

Hal itu diungkapkan Amran saat melakukan rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (3/4/2017).

"Oh itu (Ramadhan dan Idul Fitri) amanlah, ini justru kami takut harga cabai bergerak turun, beras banyak kurang lebih ada dua juta ton di gudang milik Badan Urusan Logistik (Bulog)," jelas Amran.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, untuk beras saat ini Bulog memiliki stok beras sebesar 1,9 juta ton.

Selain itu, Amran menegaskan, untuk komoditas daging saat ini juga pemerintah memiliki cadangan daging kerbau hingga 40.000 ton dan akan melakukan penambahan stok sebanyak 50.000 ton daging kerbau dari India.

"Daging stok banyak, pokoknya cukup, pokoknya tenang aja semua aman, itu stok beras tersedia sampai 8 bulan kedepan, Ramadhan tinggal dua bulan, artinya pasti tersedia," terangnya.

Sementara itu, Amran menegaskan saat ini tidak ada lagi ruang bagi sejumlah pihak yang ingin mempermainkan baik harga maupun pasokan pangan di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekarang pasti ditindak, cabai saja ditindak kemarin, kami sinergi dengan Mabes Polri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Kejaksaan, tidak ada kompromi bagi yang mau mempermainkan pangan," tegasnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.