Kompas.com - 26/05/2017, 20:03 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Pembangunan Daerah (BPD) DKI Jakarta atau Bank DKI menghadirkan layanan berupa outlet di tiga rumah susun (rusun) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ketiga rusun itu adalah Rusun Tambora, Pulogebang, dan Tipar Cakung.

Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Priagung Suprapto menuturkan pembukaan kantor di rusun bertujuan untuk meningkatkan pelayanan jasa perbankan Bank DKI kepada warga penghuni rumah susun termasuk diantaranya penerimaan pembayaran retribusi IPL.

"Sebelumnya Bank DKI telah menempatkan kantor layanan di Rusun Marunda, Penjaringan dan Pesakih. Tahun 2017 ini Bank DKI masih berencana untuk membuka outlet dirumah susun milik Pemprov DKI jakarta lainnya," ujar Priagung dalam keterangan resmi, Jumat (26/5/2017).

Per Mei 2017, Bank DKI telah memiliki 237 kantor layanan. yang terdiri dari 33 kantor Cabang konvensional, 3 cabang syariah, 61 cabang pembantu, 12 cabang pembantu syariah, 105 kantor kas konvensional, 7 kantor kas syariah, 5 payment point dan 11 kantor fungsional.

Selain pembukaan kantor layanan di rusun, bentuk layanan Bank DKI kepada komunitas Rusun adalah menerbitkan Kartu untuk Penghuni Rumah Susun (Jakarta One), yang merupakan kartu multifungsi sebagai kartu identitas, kartu pembayaran, dan kartu akses untuk sarana publik.

Saat ini Bank DKI bekerjasama dengan Dinas Perumahan DKI Jakarta telah mendistribusikan Kartu Penghuni Rumah Susun kepada 13.650 penghuni di 23 rusun milik Pemprov DKI Jakarta.

"Bank DKI juga merupakan bank yang dipercaya untuk mengelola pengumpulan autodebet retribusi IPL," ujar Priagung.

Bank DKI juga pada Februari 2017 lalu bersama Dinas Perumahan DKI Jakarta telah meresmikan implementasi absensi elektronik di lingkungan rusun.

Hingga saat ini penghuni rumah susun yang sudah mendaftarkan diri untuk berpartisipasi pada program absensi elektronik sudah mencapai 10.327 penghuni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.