Perkuat Operasional, ASDP Akan Datangkan 50 Kapal Penyeberangan Baru

Kompas.com - 18/07/2017, 15:51 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo (dua dari kiri) meninjau persiapan arus balik di penyeberangan Merak-Bakauheni, ditemani Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Faiq Fahmi (kiri), Cilegon, Banten, Jumat (30/6/2017). KOMPAS.com/ESTU SURYOWATISekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo (dua dari kiri) meninjau persiapan arus balik di penyeberangan Merak-Bakauheni, ditemani Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Faiq Fahmi (kiri), Cilegon, Banten, Jumat (30/6/2017).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana mendatangkan 50 kapal baru. Hadirnya 50 kapal baru tersebut untuk menunjang operasional penyeberangan perseroan. 

Direktur Utama ASDP Ferry Indonesia, Faik Fahmi mengatakan, hadirnya 50 kapal tersebut juga untuk meremajakan kapal-kapal milik perseroan yang sudah tua. 

"Sebanyak 140 kapal yang kami miliki 47 persen umurnya di atas 20 tahun. Jadi ini untuk memastikan operasional, kami siapkan kapal-kapal dengan kategori 1.500 knot," ujar Faik saat ditemui di Kantor Pusat ASDP Indonesia Ferry, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Mantan Direktur Komersial PT Angkasa Pura II (Persero) ini menuturkan, pendatangan 50 kapal nantinya sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan perseroan. Misalnya, kapal untuk logistik dan kapal premium.

"Kami akan hadirkan kapal premium untuk Merak-Bakauheni. Kapal ini juga untuk mengakomodir dermaga premium yang kami prediksikan selesai Agustus 2018. Dengan begitu, Merak-Bakauheni hanya 1 jam," jelas dia. 

Selain itu, ungkap Faik, perseroan akan mendatangkan 10 kapal  yang dapat menampung banyak penumpang tetapi, dengan biaya pengoperasian murah.

"Kapal yang sekarang ini kurang efisien, kiri kanan masih ada dek buat ABK, nanti akan plong, tingginya naik dari 3,8 meter menjadi 4,2 meter kendaraan bisa banyak masuk. Kami adopsi low cost carier (LCC)," kata dia. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Faik menambahkan, perseroan menggandeng galangan kapal lokal untuk mendatangkan kapal-kapal tersebut yang mana bertahap selama lima tahun. 

Namun sayangnya, dia tidak memberitahukan biaya investasi yang dikeluarkan untuk pendatangan 50 kapal tersebut. 

Meski demikian, pada tahun ini, perseroan berencana untuk mendatangkan 8 kapal dengan biaya investasi Rp 660 miliar.

"Jadi tim armada sedang penjajakan (nilai investasi). Jadi nanti sesuai kebutuhan, sekarang kan homogen," pungkas dia.

Sekadar informasi, ASDP Indonesia Ferry merupakan perusahaan jasa pelabuhan dan penyeberangan. Saat ini, ASDP mengoperasikan 36 pelabuhan dengan 29 cabang. 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X