Volume Penumpang Melonjak, PT KAI Siapkan Kereta Tambahan

Kompas.com - 25/05/2019, 04:16 WIB
Direktur Jendral Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri, saat memaparkan persiapan angkutan lebaran KA di Jakarta, Jumat (24/5/2019)KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYA Direktur Jendral Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri, saat memaparkan persiapan angkutan lebaran KA di Jakarta, Jumat (24/5/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang kereta api pada masa angkut lebaran tahun 2019.

Lonjakan volume penumpang tersebut akan mencapai 3,41 persen dari 6.236.227 orang tahun 2018 menjadi 6.449.172 orang pada tahun ini.

Menyikapi kenaikan jumlah penumpang KA pada masa Angkutan Lebaran 2019, Ditjen Perkeretaapian bersama PT. KAI (Persero) menyiapkan sejumlah KA tambahan.

"Untuk memperlancar, kami menyiapkan KA tambahan, yaitu 2 KA Ekonomi PSO, 5 KA Ekonomi non PSO, KA Eksekutif, KA Bisnis, dan KA Ekonomi Premium," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Selain menambah jumlah kereta, Ditjen perkeretaapian juga melaksanakan inspeksi angkutan lebaran dengan menggunakan KA inspeksi di lintas utara dan lintas selatan Jawa.

"Pelaksanaan KAIS ini guna mengecek kesiapan prasarana perkeretaapian menjelang Angkutan Lebaran Tahun 2019," kata Zulfikri.

Bahkan, sejak tanggal 1 April sampai Mei 2019, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pun sampai melakukan rampcheck untuk mengecek kesiapan sarana maupun prasarana kereta api.

Zulfikri mengatakan, pengecekan ini diperlukan untuk mengupayakan keselamatan penumpang saat menggunakan moda kereta api saat masa angkut lebaran. Tak lupa, kemenhub menyediakan posko untuk memantau jalannya arus mudik. Posko ini rencananya akan dimulai sejak tanggal 29 Mei sampai 13 Juni.

"Kita juga sudah menyiapkan posko baik di pusat maupun di balai untuk memantau apabila ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Sehingga saat terjadi gangguan apapun, kita bisa update informasi secara cepat dan ditangani secara cepat juga," kata Zulfikri.

Zulfikri berharap, dengan adanya beberapa kelengkapan fasilitas, mudik lebaran tahun 2019 bisa berjalan lancar.

"Sesuai dengan temanya "Mudik Bareng Asyik Lancar", semoga mudik lebaran tahun ini bisa berjalan lancar dan selamat sampai tujuan dengan segala fasilitas yang telah dilengkapi ditjen perkeretaapian," harap Zulfikri.




Close Ads X