Kemenhub Siap Kerjakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Kompas.com - 15/09/2019, 18:37 WIB
Ilustrasi kereta cepat. ThinkstockIlustrasi kereta cepat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan memiliki beberapa proyek sarana transportasi yang tengah didiskusikan dan segera dikerjakan. Salah satunya kereta cepat Jakarta-Surabaya yang didanai oleh Japan International Cooperation Agency ( JICA).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, proyek ini sedang dalam tahap finalisasi penandatanganan kerjasama melalui Memorandum of Understanding (MoU) alias nota kesepahaman.

"Kita hari-hari ini sedang memfinalkan MoU, mungkin minggu ini kita lakukan (penandatanganan)," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Budi mengatakan, pihaknya telah konsisten bekerjasama dengan Jepang dalam hal ini JICA karena telah ada beberapa proses yang dilakukan.

Terkait investasi, dia bakal membicarakannya dengan JICA sehingga besaran investasinya pun masih belum diumumkan.

"Kalau angkanya sendiri belum, nanti dari proses FS (Feasibility Study/uji kelayakan). Tapi kriteria pertamanya itu investasinya tidak besar, local content diperbanyak, partisipasi kontraktor lokal juga diperbanyak. Ini bagian dari negosiasi yang kita sampaikan dengan Jepang," jelas Budi.

Adapun proses pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya baru dikerjakan tahun 2020 mendatang dengan tahap awal pembukaan jalur.

Budi menargetkan, proses pengerjaannya dapat selesai paling lambat selama 3 tahun alias rampung pada 2023 mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X