Ini Kelompok Prioritas Vaksinasi Covid-19 Menurut Menko Airlangga

Kompas.com - 15/12/2020, 06:36 WIB
Airlangga Hartarto DOK KEMENKO PEREKONOMIANAirlangga Hartarto

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 Sinovac telah tiba di Indonesia pada 6 Desember lalu. Rencananya, vaksin akan diperuntukan bagi kelompok prioritas terlebih dahulu.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, setidaknya ada 3  kelompok prioritas yang akan mendapatkan vaksin Covid-19 bantuan pemerintah.

"Distribusi ini tidak bisa instan dan semuanya berdasarkan skala prioritas, misalnya dari tenaga medis, aparat keamanan, juga daerah yang masuk zona merah," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Menko Airlangga: Program Perhutanan Sosial Memberikan Ruang Pekerjaan Baru

Bukan hanya yang dibantu oleh pemerintah atau gratis, Airlangga menyebut vaksinasi Covid-19 mandiri juga akan memiliki sistem prioritas dalam penyalurannya.

"Vaksin mandiri (yang diutamakan) berbasis kepada industri yang diperkirakan tidak bisa social distancing secara efektif, seperti UMKM pariwisata serta padat karya," katanya.

Dengan pengalaman yang dimiliki Biofarma sebagai penyalur vaksin Sinovac, Airlangga optimistis distribusi akan berjalan dengan lancar ke pelosok wilayah nantinya.

Lebih lanjut Airlangga berharap Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bisa segera mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency user authorization untuk produk vaksin dari Sinovac.

“Kita harap emergency user authorization dapat segera diterbitkan BPOM, karena menunggu data dari Sinovac dan menunggu hasil dari clinical trial di Bandung dan Brasil yang rencananya selesai pada 15 Desember,” ucapnya.

Baca juga: Airlangga Harap BPOM Segera Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Sinovac



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X