Hari Ini Gelar RUPSLB, BRI Syariah Minta Restu untuk Merger

Kompas.com - 15/12/2020, 06:07 WIB
Jajaran Direksi Bank BRISyariah dalam acara Pencatatan Saham Pertama di Bursa Efek Indonesia, KOMPAS.com/Mutia FauziaJajaran Direksi Bank BRISyariah dalam acara Pencatatan Saham Pertama di Bursa Efek Indonesia,

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) akan menggelar RUSPLB, Selasa (15/12/2020).  Salah satu agendanya akan meminta izin pada pemegang sahamnya terkait rencana penggabungan usaha dengan PT Bank Mandiri Syariah, dan PT Bank BNI Syariah.

Lengkapnya ada lima agenda yang akan dimintakan persetujuannya dalam rapat: persetujuan dan penggabungan yang akan dilakukan, persetujuan atas rancangan penggabungan, persetujuan atas konsep akta penggabungan, persetujuan atas perubahan Anggaran Dasar perseroan, dan persetujuan atas perubahan susunan direksi, komisaris, dan dewan pengawas syariah bank hasil penggabungan.

Pekan lalu, Kementerian BUMN telah mengumumkan bank hasil merger akan menggunakan nama baru yaitu PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Entitas hasil merger ini akan tetap menggunakan kode BRIS sebab BRI Syariah yang akan menjadi entitas penerima penggabungan.

Baca juga: Ini Nama Baru Hasil Merger 3 Bank Syariah BUMN

Dalam rancangan tersebut juga disebutkan bahwa susunan direksi akan berjumlah 10 orang yang terdiri dari direktur utama, dua posisi wakil direktur utama, dan masing-masing satu direktur wholesale & transaction banking, retail banking, sales & distribution, information technology & operations, risk management, compliance & human capital, serta finance & strategy.

Hery Gunardi, Ketua Project Management Office Integrasi dan Peningkatan Nilai Bank Syariah BUMN mengatakan, seluruh proses dan tahapan-tahapan merger akan terus dikawal hingga penggabungan ketiga bank syariah BUMN selesai dilakukan.

Dia memastikan perubahan dan penyesuaian operasional telah sesuai dengan tujuan dan kegiatan operasional bank hasil merger.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bank gabungan itu memiliki visi menjadi top 10 bank syariah terbesar di dunia dalam 5 tahun ke depan dan sebagai top 10 bank terbesar di Indonesia.

Baca juga: Susunan Kepengurusan Merger 3 Bank Syariah Bakal Dibahas 15 Desember

Menurut dia, kehadiran Bank Syariah Indonesia akan menjadi tonggak kebangkitan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

"Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, entitas baru ini tentu memerlukan identitas yang kuat dan direksi yang berpengalaman untuk menjalankan operasionalnya. Dengan direksi yang akan diisi oleh orang-orang berpengalaman di bidangnya, visi Bank Syariah Indonesia untuk menjadi salah satu bank syariah terbesar di dunia akan semakin mantap dan yakin bisa kita wujudkan,” ujar Hery pekan lalu. (Anggar Septiadi)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Gelar RUPSLB Besok, BRI Syariah minta restu merger

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.