Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-3 Lebaran, 23.900 Pemudik Padati Stasiun Pasar Senen

Kompas.com - 20/04/2023, 07:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada H-3 Lebaran 2023 atau Rabu (19/4/2023) terjadi lonjakan penumpang di Stasiun Pasar Senen. Di puncak arus mudik Lebaran 2023 ini, tercatat 23.900 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 kereta api yang beroperasi.

Diprediksi penumpang kereta api pada masa mudik lebaran 2023 mencapai 14,47 juta orang atau 11,69 persen dari total 123,8 juta pergerakan masyarakat di masa mudik lebaran. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, telah disiapkan 605 kereta api antar kota per hari pada 145 stasiun.

Melihat lonjakan penumpang kereta api yang tinggi pada mudik lebaran tahun ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan semua pihak terkait berkolaborasi memberikan layanan terbaik.

Baca juga: Hingga 18 April, KAI Berangkatkan 775.147 Penumpang Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal

"Bapak Presiden Joko Widodo telah memberi arahan kepada kami untuk betul-betul menjaga pelaksanaan arus mudik agar dapat berjalan aman dan berkesan, dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (19/4/2023).

Pada kesempatan yang sama, Kapolri mengatakan, kereta api menjadi salah satu pilihan moda transportasi favorit masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

"Karena tepat waktu, bersih, nyaman, dan aman. Di sini sudah disiagakan pos pengamanan terpadu, jika masyarakat ada keluhan bisa mengunjungi pos tersebut," ucapnya.

Baca juga: Pastikan Mudik Aman, Menhub Perintahkan Jajarannya Koordinasi dengan Polri

Sejumlah upaya yang telah disiapkan untuk menjamin keselamatan, keamanan, serta kenyamanan penumpang kereta api, antara lain meningkatkan pengawasan gangguan operasional serta mengantisipasi gangguan sarana dan prasarana dengan menambah petugas, menempatkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS), lokomotif, kereta pembangkit, juga crane pada titik tertentu.

Kemudian, dilakukan pula inspeksi bersama, posko terpadu, penambahan perjalanan, serta ramp check sarana dan prasarana.

Baca juga: Kemenhub Prediksi Puncak Arus Mudik Baru Terjadi Malam Ini atau Besok Pagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com