Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Angkasa Pura II Proyeksikan Penumpang Capai 1 Juta Orang

Kompas.com - 10/05/2024, 11:33 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II memperkirakan jumlah penumpang selama libur panjang 9-12 Mei 2024 akan mencapai 1 juta orang di 20 bandara kelolaannya.

Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro mengatakan, untuk melayani lonjakan penumpang saat libur panjang pekan ini, AP II akan mengoperasikan 4.096 penerbangan.

"Jumlah penumpang ini naik 15 persen dibandingkan dengan hari normal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/5/2024).

Baca juga: Libur Panjang, KCIC Siapkan 28.000 Tempat Duduk Kereta Cepat Whoosh

Adapun khusus Bandara Soekarno-Hatta, jumlah penumpang pesawat diperkirakan menyentuh 643.841 orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 4.096 penerbangan.

Pihaknya akan memastikan ketersediaan waktu keberangkatan dan kedatangan di bandara (slot time) guna mengakomodir permintaan penerbangan.

Selain itu jika diperlukan, AP juga akan menambah kapasitas kursi penerbangan melalui penerbangan tambahan (extra flight) yang dioperasikan maskapai.

"AP II bersama maskapai berupaya untuk memastikan kapasitas penerbangan dapat memenuhi permintaan yang meningkat pada long weekend ini," ucapnya.

Pada periode sibuk ini seluruh bandara AP II tetap fokus pada sejumlah titik penting untuk memastikan terjaganya aspek pelayanan, keamanan, dan keselamatan.

"Fasilitas di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side) dipastikan siap. Begitu juga dengan kecukupan personel di seluruh bandara," kata Cin.

Bandara-bandara AP II juga telah melakukan sejumlah penataan interior terminal penumpang pesawat guna meningkatkan pelayanan, seperti misalnya di Bandara Soekarno-Hatta.

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kini dilengkapi dengan hutan mini dan area hijau di sejumlah titik sehingga menghadirkan nuansa yang lebih hijau dan lebih baik.

Akses dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta kini juga diperkuat dengan adanya East Flyover yang ada di area depan kawasan bandara guna semakin memudahkan kendaraan bermotor menjangkau segala arah.

Baca juga: Daftar 27 Bandara Baru yang Dibangun Selama Pemerintahan Presiden Jokowi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com