Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bikin CV yang Menarik agar Dilirik HRD

Kompas.com - 24/05/2024, 11:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses wawancara atau interview akan memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak dari HRD.

Dari sekian banyak Curriculum Vitae (CV) yang perusahaan terima, pihak HRD tentunya harus memilih yang terbaik dari untuk dipanggil pada sesi interview.

Semakin cocok keyword yang ada dalam CV dengan ketentuan lowongan kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan, semakin besar kesempatan CV kamu akan terpilih untuk proses ke tahap selanjutnya.

Baca juga: 5 Hal di CV yang Bikin Kandidat Tampak Lemah di Mata HRD, Apa Saja?

Mengutip dari laman resmi @JobStreet, Jumat (24/5/2024), berikut beberapa tips membuat CV menarik agar dilirik HRD:

1. Pastikan CV dalam format yang konsisten dan rapi

Kamu harus pastikan CV dalam format yang konsisten dan rapi. Judul CV harus berisi nama yang dicetak tebal dengan font yang lebih besar dari isi konten lainnya.

Kamu juga tidak perlu memasukkan terlalu banyak atribut dan warna dalam CV. Buatlah CV tetap sederhana sehingga tidak mengganggu perekrut yang akan melakukan seleksi.

2. Cantumkan ringkasan singkat tentang dirimu

Kamu juga perlu memberikan ringkasan singkat tentang dirimu dalam CV agar perekrut dapat mengetahui tujuan dan kualifikasi secara singkat.

Kamu dapat menggunakan bahasa yang sederhana dalam memperkenalkan dirimu. Semakin mudah CV untuk dimengerti, semakin besar kemungkinan CV akan masuk daftar menuju wawancara. Ada berbagai macam bentuk perkenalan dalam CV seperti menyatakan visi-misi atau profil karirmu.

Baca juga: Cara Membuat CV agar Dilirik HRD

3. Beri kontak untuk menghubungimu

Perekrut butuh kontakmu untuk mengabari proses perekrutan, jadi pastikan kamu cantumkan kontak yang aktif dan mudah dihubungi. Informasi kontakmu harus ditandai dengan jelas di bagian atas CV, dengan nama yang menonjol.

Dalam mencantumkan informasi kontak di CV, tulis domisili saat ini di bawah namamu, serta nomor telepon dan email yang kamu pakai untuk kerja. Dengan begitu perekrut punya pilihan untuk menghubungimu jika ada panggilan selanjutnya atau penawaran posisi.

4. Masukkan pengalaman dan skill yang relevan

Di CV bagian pengalaman kerja adalah bagian terpenting kecuali kamu baru terjun di industri tersebut atau kamu belum memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com