Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Layani Penukaran Uang Kecil di 77 Titik

Kompas.com - 17/05/2019, 18:02 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (KOMPAS100: BMRI) menyiapkan 77 titik penukaran uang pecahan kecil (UPK) di seluruh Indonesia. Layanan ini untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan uang untuk Lebaran.

Senior Executive Vice President Operasi Bank Mandiri Aquarius Rudianto menjelaskan penempatan titik penukaran UPK berlangsung pada 2 Mei-2 Juni 2019 secara bergiliran di sejumlah lokasi seperti rest area tol JORR dan ruas Cipali, pasar-pasar tradisional, dan alun-alun kota, selain dalam kegiatan serupa bersama Bank Indonesia (BI) dan industri perbankan.

"Meski saat ini penetrasi digital banking sangat luas, masyarakat tetap membutuhkan uang kartal yang sangat besar menjelang Idul Fitri, misalnya untuk dibagi-bagikan kepada keluarga dan tetangga di rumah atau di kampung halaman," kata Aquarius di Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: Hindari Uang Palsu, BI Imbau Masyarakat Tukar Uang di Outlet Resmi

Dia menambahkan, Bank Mandiri menyiapkan uang kecil pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, dan R p2.000 senilai rata-rata Rp 1,3 miliar di setiap titik penukaran per hari.

Sejak 2 Mei 2019 lalu, Bank Mandiri telah melayani penukaran UPK sebesar Rp 82,47 miliar.

"Pecahan yang paling dicari adalah Rp10.000, yg mencapai 35 persen dari UPK yang telah ditukar," katanya.

Adapun karakteristik masyarakat penukar, tambahnya, memang didominasi oleh karyawan dan ibu rumah tangga. Selain lokasi-lokasi tersebut, Bank Mandiri juga melayani penukaran di seluruh cabang perseroan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com