Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Karyawan Baru di Hari Pertama Kerja

Kompas.com - 23/08/2019, 12:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Selamat bagi Anda yang baru saja lulus kuliah dan diterima bekerja di perusahaan yang diidam-idamkan.

Tentunya menghadapi hari-hari pertama bekerja membutuhkan serangkaian persiapan, tak hanya berupa pakaian yang sesuai, namun juga perilaku yang tepat.

Nah, para ahli menyatakan, satu hal penting yang tak boleh dilupakan karyawan baru pada hari-hari pertama bekerja adalah menciptakan kesan pertama yang baik. Artinya, jangan melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa merusak kesan pertama Anda.

Dikutip dari Marie Claire UK, Jumat (23/8/2019), berikut adalah 5 kesalahan yang kerap dilakukan karyawan baru di hari-hari pertama bekerja.

1. Tidak bertanya

Soal kesalahan di hari pertama bekerja, satu hal yang harus selalu Anda hindari adalah tidak mengajukan pertanyakan.

Pakar kepemimpinan dan praktisi neuroscience Dominique Stillman menyarankan para karyawan baru tidak hanya mengangguk-angguk jika tidak paham apa yang dikatakan oleh atasan.

"Kesalahan umum adalah kurangnya kepercayaan diri untuk mengajukan pertanyaan, mengangguk atau menyatakan paham tapi faktanya tidak," sebut Stillman.

Baca juga: Mendapat Review Buruk Saat Evaluasi Kerja? Begini Menghadapinya

Ia mengungkapkan, mengajukan pertanyaan di hari-hari pertama bekerja adalah sebuah ekspektasi dan membangun kepercayaan. Justru aneh jika karyawan baru tak memiliki pertanyaan untuk diajukan.

Sementara itu, Direktur Smart Coaching & Training Isla Baliszewska menytaakan, mengajukan pertanyaan adalah cara yang bagus untuk menunjukkan minat, keinginan untuk belajar, dan keterlibatan.

"Namun demikian, pilihlah pertanyaan yang tepat untuk diajukan, pada saat yang tepat, kepada orang yang tepat, untuk alasan yang tepat, dan jangan berlebihan," ungkap Baliszewska.

2. Tidak punya 'brand' sendiri

Memiliki dan membangun citra pribadi Anda sangatlah penting. Menjual diri dalam arti positif dapat terasa sedikit aneh di waktu-waktu tertentu, namun di saat semua orang bisa bersuara, Anda harus memiliki hal yang membuat Anda menonjol.

Baliszewska menuturkan, baginya hal yang tak boleh dilakukan karyawan baru adalah datang tanpa memiliki brand pribadi yang konsisten, dapat mudah dikenali, serta sesuai dengan nilai yang dijunjung profesi dan perusahaan.

3. Terlalu kritis

Salah satu hal yang seharusnya tak dilakukan dalam posisi baru Anda saat ini adalah terlalu cepat kritis atau menilai seseorang.

Barangkali Anda tak yakin dengan rekan-rekan kerja, atau Anda langsung tidak suka dengan cara bicara atasan, maupun kesulitan mencari tempat makan siang yang tepat. Apapun itu, jangan langsung menilai buruk atau kritis.

"Pada hari pertama, dan beberapa waktu berikutnya, penting untuk menghindari sikap mengkritisi apapun. Tahan kritik itu sampai Anda merasa sudah dalam posisi yang tepat untuk mengkritik dan dapat langsung menyuarakannya," jelas Stillman.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com