Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Bantuan Kuota Internet Cair 11-15 September 2021

Kompas.com - 01/09/2021, 10:15 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para siswa, guru, hingga dosen bisa berbahagia menyambut bulan September. Pasalnya, bantuan kuota internet yang sempat terputus di bulan Juli 2021 bakal dicairkan kembali pada bulan ini.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan, subsidi kuota internet gratis bakal cair pada pertengahan September, tepatnya tanggal 11-15 September 2021.

Mekanisme pencairannya adalah selama 1 bulan sekali selama 3 bulan berturut-turut, dari bulan September sampai bulan November mendatang.

Baca juga: September Ceria, KA Bandara Beroperasi Lagi hingga Kabar Terbaru Bandara Changi

"Kami akan menyalurkan bantuan subsidi kuota ini pada tanggal 11-15 September, 11-15 Oktober, dan 11-15 di bulan November. Kuota data berlaku selama 30 hari sejak diterima," kata Nadiem dalam peresmian lanjutan bantuan kuota internet beberapa waktu lalu.

Besaran kuota internet yang didapat bervariasi sesuai jenjang pendidikan. Untuk peserta didik PAUD sebesar 7 GB, peserta didik SD-SMA sebesar 10 GB, pendidik Paud-SMA 12 GB, dan mahasiswa/dosen 15 GB per bulan.

Semula, subsidi kuota seharusnya disalurkan pada bulan Agustus 2021. Namun, penyaluran ditunda lantaran bulan Agustus adalah tahun ajaran baru.

Artinya, pemerintah perlu mengatur ulang pihak mana saja yang mendapat subsidi, mengingat banyak siswa baru dan siswa lulus di tahun yang sama.

Baca juga: September Ceria, Ini Emiten yang Siap Bagi-bagi Dividen

Oleh karena itu, Nadiem sempat meminta Kepala Satuan Pendidikan memutakhirkan data siswa/mahasiswa/guru/dosen termasuk nomor telepon pada sistem data pokok pendidikan dan pangkalan data pendidikan tinggi.

Selain itu, kepala sekolah harus mengunggah SPTJM di http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id untuk PAUD hingga SMA. Sedangkan untuk jenjang pendidikan tinggi, SPTJM harus diunggah di http://kuotadikti.kemdikbud go.id hingga tanggal 31 Agustus 2021.

Sebagai informasi, bantuan kuota internet akan menyasar pada 26,9 juta siswa, mahasiswa, dan guru/dosen dengan total anggaran Rp 2,3 triliun.

Baca juga: September Ceria, Cek 5 Bansos yang Cair Bulan Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com