Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Lebaran 2023, Ini Persiapan 3 Bank Besar

Kompas.com - 03/04/2023, 07:10 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank-bank besar nasional meningkatkan alokasi uang tunai pada periode Ramadhan dan Lebaran 2023 dibanding periode yang sama tahun lalu. Peningkatan tersebut selaras dengan tingkat konsumsi masyarakat yang terus tumbuh.

Sebagai bank nasional dengan aset terbesar, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai sekitar Rp 49,6 triliun pada periode 29 Maret - 26 April 2023. Alokasi ini meningkat sekitar 7,9 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, inisiatif tersebut sejalan dengan keinginan perseroan untuk memastikan nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas rutin di bulan Ramadhan dan Idul Fitri secara nyaman pasca keputusan pemerintah mencabut kebijakan pembatasan kegiatan sosial.

Baca juga: Kronologi Dugaan Pencucian Uang Ekspor Emas Rp 189 Triliun Versi Bea Cukai

Adapun sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi sekitar Rp 16,5 triliun per hari selama periode tersebut.

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 13.068 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak akhir bulan lalu hingga saat libur Lebaran,” kata Rudi dalam keterangan resminya, dikutip Senin (3/4/2023).

Selain mesin ATM, Rudi menambah, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.

“Kami telah melakukan preventive maintenance untuk sekitar 3.300 ATM dan 37.200 EDC yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” tuturnya.

Sementara itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyiapkan dana sebesar Rp 32 triliun pada periode Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Alokasi tersebut disiapkan dengan memperhitungkan periode cuti bersama Idul Fitri.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, uang tunai selama periode tersebut berasal dari likuiditas bank. Ia memastikan, likuiditas perseroan masih cukup untuk kesiapan lebaran, termasuk untuk pembayaran dividen perseroan yang dilakukan pada 12 April 2023.

Bank pelat merah spesialis UMKM itu juga akan menyediakan layanan terbatas yang dihadirkan melalui beberapa Unit Kerja Operasional (UKO). Hal ini dilakukan dengan tujuan masyarakat tetap dapat melakukan beragam transaksi perbankan, seperti penarikan dan penyetoran simpanan & pinjaman, registrasi e-banking BRI, dan complaint handling.

Peningkatan alokasi uang tunai pada periode Ramadhan dan Lebaran juga dilakukan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. Pada periode tersebut, BNI menyiapkan dana tunai dengan total nilai Rp 45,87 triliun, meningkat 5,4 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Cara Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Kas Keliling Bank Indonesia

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, dana tunai tersebut nantinya akan dialokasikan untuk pemenuhan ATM, CRM, hingga outlet. BNI memproyeksikan kebutuhan uang tunai di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mencapai 19 persen dari total uang tunai yang disiapkan.

"Langkah ini adalah komitmen tahunan kami. Semoga masyarakat dapat nyaman bertransaksi khususnya menggunakan uang tunai yang telah kami distribusikan di semua channel BNI," katanya.

Jelang periode Lebaran, BNI akan semakin marak mengadakan program sosialisasi dan atensi nasabah khususnya untuk penggunaan channel digital BNI Mobile Banking.

"Kami harap ini akan menjadi alat digital untuk semakin kuat mendorong konsumsi dan pertumbuhan ekonomi di periode lebaran tahun ini," ucapnya.

Baca juga: Duduk Perkara Uang Nasabah Asuransi Hilang di AXA Mandiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com