Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susul Aguan, Konglomerat Anthony Salim Tertarik Investasi di IKN

Kompas.com - 30/08/2023, 16:30 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, konglomerat pemilik Salim Group sekaligus bos Indofood, Anthony Salim akan berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Bahlil mengatakan, dirinya telah mengajak para pengusaha dalam negeri ke kawasan IKN Nusantara beberapa waktu yang lalu agar tertarik untuk berinvestasi.

"Seperti Pak Aguan (Pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma), pak Anthoni Salim mereka September sudah melakukan groundbreaking terhadap beberapa pembangunan," kata Bahlil usai menghadiri acara "Peletakan Batu Pertama Pabrik PepsiCo Indonesia" di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (30/8/2023).

Bahlil mengatakan, pembangunan yang akan mulai dibangun oleh para pengusaha tersebut di antaranya, hotel, mal, restoran hingga gedung pertemuan.

Baca juga: Konsorsium Pimpinan Agung Sedayu Tertarik Investasi di IKN

"Pembangunan seperti hotel, ruang pertemuan, dan beberapa restoran agar tahun 2024, Agustus kita sudah bisa upacara di sana," ujarnya.

Terkait nilai investasi yang akan digelontorkan Anthony Salim, Bahlil tak menyebutkan secara detil. Namun, ia memastikan pembangunan hotel akan segera dilakukan di IKN.

"Selesainya 2024, makanya kita kerjanya maraton," ucap dia.

Pengusaha dalam negeri ikut investasi di IKN

Dikutip dari Kontan.co.id, Pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan menjadi pemimpin konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Ibu Kota Negara (IKN).

Baca juga: Kepala Otorita Sebut di IKN Kemana-mana Hanya 10 Menit

Hal tersebut terungkap saat Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengajak Aguan bersama Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe untuk berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat siang (11/8/2023) lalu.

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau pembangunan di IKN serta menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh para investor dalam proyek pembangunan IKN.

Dalam pertemuan tersebut Aguan menyatakan apresiasi kepada pemerintah atas percepatan dan respons yang baik dalam segala kendala yang dihadapi oleh penanam modal. Dia berharap tersedianya bahan material yang dekat dengan lokasi proyek agar percepatan pembangunan proyek menjadi lebih efektif dan efisien.

“Ya saya harap urusan logistik agar segera ditindaklanjuti. Izin usaha sudah mudah, sehingga peluang upacara 17 Agustus 2024 sangatlah besar,” ucap Aguan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/8/2023).

Adapun Kunjungan kerja ini merupakan tindak lanjut Menteri Investasi dengan Konsorsium PMDN pada Juli lalu. Perkiraan untuk rencana investasi di IKN adalah Rp 30 triliun hingga Rp 40 triliun. Rencananya, Konsorsium PMDN ini akan mulai melakukan groundbreaking pada September 2023 yang akan datang.

Baca juga: Kepala Otorita: IKN akan Punya Mal Lebih dari Satu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com