Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Kurs Rupiah Hari Ini di Bank Mandiri hingga BRI

Kompas.com - 14/09/2023, 10:25 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS bergerak menguat di pasar spot pada Kamis (14/9/2023).

Dikutip data Bloomberg, pada pukul 09.12 WIB rupiah berada pada level Rp 15.367 per dollar AS. Rupiah menguat 3 poin atau 0,02 persen dibanding penutupan sebelumnya di level Rp 15.370 per dollar AS.

Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri mengatakan, pergerakan rupiah jangka pendek akan dibayangi sentimen eksternal terutama kebijakan arah suku bunga The Fed ke depan setelah rilis data inflasi AS Agustus yang dirilis lebih tinggi dari ekspektasi pasar menjadi 3,7 persen.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Bergerak di Zona Hijau pada Awal Sesi

Ilustrasi uang rupiah.PEXELS/ AHSANJAYA Ilustrasi uang rupiah.

“Pelaku pasar akan mengantisipasi FOMC bulan ini di saat The Fed akan merilis Fed Projection guidance yang terbaru. The Fed diprediksi akan mempertahankan level Fed Funds Rate sebesar 5,25 persen sampai 5,5 persen bulan ini namun Fed Guidance lebih diperlukan untuk melihat arah perubahan kebijakan The Fed ke depan,” kata Reny kepada Kompas.com.

Secara jangka pendek, Reny mengatakan nilai tukar rupiah masih akan berada di kisaran Rp 15.200 sampai Rp 15.400 per dollar AS. Ini sejalan dengan masih tingginya volitilitas di pasar global.

Berbagai langkah kebijakan juga masih berlanjut untuk menjaga stabilitas rupiah ke depan meliputi kebijakan triple intervention, twist operation, implementasi kebijakan DHE, dan yang terbaru instrumen SRBI untuk menarik investor.

"Pada perdagangan hari ini, kami memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dapat bergerak ke kisaran Rp 15.365 per dollar AS hingga Rp 15.410 per dollar AS,” ungkap dia.

Baca juga: Soal Rupiah Mutilasi, BI: Tindakan Kriminal, Ada Pidananya

Sementara itu, mengacu kurs tengah Jisdor, nilai tukar rupiah pada Rabu (13/9/2023) pada level Rp 15.367 per dollar AS, atau melemah dari nilai tukar Selasa (12/9/2023) sebesar Rp 15.344 per dollar AS.

Adapun kurs rupiah di bank-bank besar di Indonesia, seperti di Bank Mandiri, kurs jual dipatok pada Rp 15.360 per dollar AS.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com