Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajaki Peluang Ekspor, UMKM Binaan BRI Pamerkan Produk di China

Kompas.com - 23/09/2023, 13:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian BUMN terus berkomitmen untuk memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menembus pasar global.

Salah satu adalah dengan memberi kesempatan bagi UMKM untuk memamerkan produk unggulannya melalui kegiatan China ASEAN EXPO 2023 (CAEXPO) ke-20 di Nanning, China.

Kesempatan tersebut didapatkan empat UMKM binaan Rumah BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk asal Jakarta dan Bandung. Produk tersebut antara lain Kerajinan Kayu Golden Wood, Boneka Rajut Valerie Crochet, Pernak Pernik Fashion dari Semomondeezy, dan juga tas handmade Tulatali.

Baca juga: 69 Persen UMKM Masih Biayai Usahanya Sendiri dan Modal dari Keluarga

Ilustrasi pelaku UMKM.SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES Ilustrasi pelaku UMKM.

Kegiatan ini merupakan pameran hasil kesepakatan pada KTT China ASEAN ke-7 di bulan Oktober 2003 dalam kerangka kerja perdagangan ekonomi China-ASEAN Free Trade Area (CAFTA).

Ini juga menjadi bentuk komitmen Indonesia untuk menjalin kerja sama perdagangan dan investasi dengan China dan negara ASEAN lainnya.

Erick Thohir melalui staf khususnya, Arya Sinulingga, menyebutkan bahwa keterlibatan UMKM dalam pasar global perlu ditingkatkan agar target ekspor tercapai.

“Pameran ini sekaligus menjadi wadah bagi UMKM untuk melakukan business matching dengan pengusaha dari berbagai negara di ASEAN, tentunya ini bisa membantu UMKM semakin melebarkan sayapnya di pasar global," ujar Arya dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/9/2023).

Baca juga: Pengertian UMKM, Kriteria, Ciri dan Contohnya

Secara keseluruhan, terdapat 18 booth UMKM yang berasal dari binaan beberapa BUMN yang mengikuti kegiatan China ASEAN EXPO 2023 di Nanning Internasional Conference and Exhibition.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com