Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Proyek yang "Terdepak" dari PSN

Kompas.com - 06/10/2023, 15:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan untuk mengeluarkan sejumlah proyek infrastruktur dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Keputusan ini diambil karena proyek belum mendapatkan dana dan tidak kunjung dibangun hingga saat ini.

"Ada beberapa proyek dihentikan karena belum dimulai dan belum ada dikeluarkan (dana dari) APBN," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers, Kamis (5/10/2023).

Proyek pertama yang dicoret dari daftar PSN ialah proyek Pelabuhan baru Ambon atau Ambon New Port. Pembangunan proyek ini sudah direnakan dimulai pada pengujunga 2021 atau awal 2022, namun sampai saat ini tidak kunjung terlaksana.

Kemudian, proyek lain yang didepak dari daftar PSN ialah proyek Kawasan Industri Tanggamus, Lampung. Dilansir dari laman resmi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), konstruksi proyek ini direnakan dimulai pada 2018. Akan tetapi, sampai saat ini status proyek masih dalam tahap penyiapan.

Baca juga: Wanti-wanti Jokowi: PSN Rampung Semester I-2024, Jangan Mangkrak

Selanjutnya, pemerintah juga mencoret proyek Sistem Penyediaan Air Baku Bendungan Sidan, Bali, dari daftar PSN. Proyek ini rencananya dibangun dengan sumber dana dari APBN dan APBD dengan kebutuhan biaya investasi sebesar Rp 421 miliar.

Terdapat juga proyek pembangunan ruas tol Trans Sumatera yang dicoret dari daftar PSN, mulai dari Jalan Tol Rantau Prapat-Kisaran. Proyek yang membutuhkan investasi sebesar Rp 33,72 triliun ini seharusnya sudah mulai dibangun pada 2018.

Proyek tol lain yang dihapus dari PSN ialah proyek Jalan Tol Langsa-Lhokseumawe yang juga seharusnya sudah mulai dibangun pada 2018 dan beroperasi pada 2023. Lalu Jalan Tol Lhokseumawe-Sigli juga dicoret dari daftar PSN. Proyek tol lain yang dicoret ialah Jalan Tol Dumai-Sp. Sigambal-Rantau Prapat.

Pemerintah juga mencoret sejumlah proyek terkait pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM). Proyek SPAM yang dihapus ialah SPAM Juanda, SPAM Jatigede, dan SPAM Kamijoro.

Baca juga: Kementerian PUPR Sebut Ada Proyek PSN yang Molor

"Itu seluruhnya dikeluarkan dari PSN karena proyeknya antar off taker dan finansialnya belum closing," ucap Airlangga.

Berikut daftar proyek yang dicoret dari PSN:

  1. Ambon New Port
  2. Kawasan Industri Tanggamus
  3. Sistem Penyediaan Air Baku Bendungan Sidan
  4. Jalan Tol Rantau Prapat - Kisaran
  5. Jalan Tol Langsa - Lhokseumawe
  6. Jalan Tol Lhokseumawe - Sigli
  7. Jalan Tol Dumai - Sp. Sigambal - Rantau Prapat
  8. SPAM Juanda
  9. SPAM Jatigede
  10. SPAM Kamijoro.

Baca juga: LMAN Sudah Kucurkan Rp 116,05 Triliun untuk Pembebasan Lahan PSN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com