Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Pendaftaran Tiket Gratis Kereta Cepat Whoosh Tahap 3 Dibuka Hari Ini

Kompas.com - 10/10/2023, 08:37 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) kembali membuka pendaftaran tiket gratis kereta cepat Jakarta Bandung tahap 3 pada hari ini, Selasa (10/10/2023).

Adapun pendaftaran tahap 3 ini untuk keberangkatan tanggal 11-16 Oktober 2023. Pendaftarannya dapat dilakukan secara online melalui website ticket.kcic.co.id

General Manager Corporate Secretary KCIC Eca Chairunisa tidak menjelaskan lebih lanjut pukul berapa pihaknya akan membuka pendaftaran tiket kereta cepat gratis tahap 3 ini.

Baca juga: KCIC Bakal Tindak Oknum yang Jual Tiket Gratis Kereta Cepat

Yang jelas, KCIC akan mengumumkan kepada masyarakat apabila pendaftarannya sudah dibuka. Biasanya pengumuman dilakukan di media sosial resmi kereta cepat.

"Kemudian untuk 11 (Oktober) dan selanjutnya itu rencananya memang besok akan kita informasikan waktunya kita informasikan kembali sekaligus kuotanya juga seperti apa," ujarnya kepada media di Stasiun Tegalluar, Senin (9/10/2023).

Sebagai informasi, program tiket kereta cepat gratis ini atau Whoosh Experience Program tahap 1 dan 2 telah dilaksanakan sejak 3 Oktober lalu dan sudah ada 15.000 orang yang mengikuti program ini.

Sebanyak 15.000 penumpang kereta cepat tersebut berasal dari berbagai kalangan masyarakat, namun mayoritas berasal dari warga sekitar jalur rel kereta cepat.

Selama masa Whoosh Experience Program calon penumpang masih tidak akan dikenakan biaya. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan masyarakat terhadap layanan Kereta Cepat Whoosh sesuai aturan dan skema pelayanan ke depannya.

"Kalau untuk sampai dengan saat ini direncanakan untuk program Whoosh Experience di mana masyarakat ini masih belum berbayar menggunakan kereta cepat ini sampai dengan tanggal 16 Oktober," jelasnya.

Pada pendaftaran Whoosh Experience Program tahap 2 yang dilaksanakan 7 Oktober lalu, KCIC memberlakukan ketententuan yang berbeda, yaitu masyarakat dapat melakukan registrasi melalui website ticket.kcic.co.id dan akan mendapatkan QR Code.

Sebelum melakukan pemesanan, calon penumpang diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu. Dengan menggunakan website ticket.kcic.co.id penumpang dapat memilih rute 1 arah maupun 2 arah langsung, memilih tempat duduk, serta pemesanan hingga 5 penumpang.

Baca juga: Prototipe Kereta Cepat Merah Putih Buatan INKA Ditargetkan Meluncur 2026

Baca juga: Sejarah dan Fasilitas Kereta Api Mewah KA Djoko Kendil

Untuk memudahkan penumpang saat check in, penumpang dapat langsung menunjukkan QR Code yang dikirimkan ke email setelah transaksi. Tidak perlu lagi repot-repot menukarkan kode booking ke loket. QR Code tersebut dapat langsung digunakan untuk boarding mulai 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Pada Whoosh Experience Program kali ini terdapat 8 perjalanan kereta cepat setiap harinya yang dapat dipilih oleh penumpang melalui web, yaitu Halim-Padalarang, Halim-Tegalluar, Padalarang-Halim , dan Tegalluar-Halim .

Khusus untuk perjalanan dari dan ke Stasiun Padalarang, terdapat KA Feeder Kereta Cepat yang dapat digunakan oleh penumpang secara cuma-cuma untuk menuju Stasiun Bandung.

Seluruh masyarakat yang akan mendaftar melalui jalur online dihimbau untuk lebih teliti dalam memasukkan alamat email, mengecek jadwal perjalanan yang dipesan, dan datang lebih awal karena boarding gate akan ditutup 5 menit sebelum keberangkatan.

Baca juga: Tiket Gratis Kereta Cepat Whoosh Kembali Dibuka, 1 Akun Bisa Pesan 5 Kursi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com