Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCIC Bakal Tindak Oknum yang Jual Tiket Gratis Kereta Cepat

Kompas.com - 10/10/2023, 05:07 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan menindak secara hukum oknum-oknum yang memperjualbelikan tiket gratis kereta cepat Jakarta-Bandung.

Pasalnya, ada oknum yang menjual tiket gratis kereta cepat dengan harga Rp 50.000 di media sosial X.

"jual tiket uji coba kereta cepat rute tegalluar - halim. dijual krn gak dapet tiket ke bandung. bisa pake fitur change tiket kok buat pergantian passengernya. fee 50k aja," tulis salah satu akun X pada Senin (9/10/2023).

Bahkan rupanya ada juga masyarakat yang mencari penjual tiket gratis kereta cepat lantaran ingin merasakan naik kereta cepat Jakarta-Bandung, namun tidak berhasil mendapatkan tiket gratis saat war tiket kemarin.

Baca juga: Bocoran Tarif, Wamen BUMN: Kereta Cepat Rp 250.000, Feeder Rp 50.000

"mau wtb kira2 ada yang jual tiket kereta cepat whoosh dari bandung buat besok gak ya? pengen naik tapi ga dapet tiket :(," tulis sebuah akun X, Senin (9/10/2023).

Melihat fenomena tersebut, Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengimbau para oknum untuk tidak memperjualbelikan tiket gratis kereta cepat Jakarta-Bandung karena KCIC akan menindak secara hukum.

"Tentunya akan melakukan pelaporan secara hukum jika memang dapat pelaku tersebut," ujarnya di Stasiun Tegalluar, Bandung, Senin (9/10/2023).

Oleh karenanya dia mengajak masyarakat untuk melaporkan ke KCIC jika menemukan oknum yang memperjualbelikan tiket gratis kereta cepat.

Baca juga: Tiket Gratis Kereta Cepat Whoosh Kembali Dibuka, 1 Akun Bisa Pesan 5 Kursi

"Kami mengajak masyarakat bekerja sama jika memang ada yang perjualbelikan tiket untuk laporkan pada kami, sehingga kita bisa menindaklanjuti kita proses secara hukum. Karena memang tidak ada tiket kereta cepat yang berbayar pada masa Whoosh Experience," tegasnya.

Sebagai informasi, sejak diresmikan pada 2 Oktober lalu KCIC telah mengoperasikan kereta cepat Jakarta-Bandung dengan tiket gratis selama 3-16 Oktober 2023.

Masyarakat umum bisa mendapatkan tiket kereta cepat gratis ini dengan melakukan war tiket secara online di website ticket.kcic.co.id saat pendaftaran dibuka.

Adapun pada 2 Oktober dan 7 Oktober lalu telah dilaksanakan pendaftaran secara online tahap 1 dan 2 untuk keberangkatan 3-7 Oktober dan 8-10 Oktober 2023. Sementara pendaftaran tahap 3 akan dibuka pada Selasa, 10 Oktober 2023 untuk keberangkatan 11-16 Oktober 2023.

Baca juga: Jokowi Ogah Targetkan Untung Rugi pada Kereta Cepat Whoosh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com