Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Tuan Rumah World of Coffee Trade Show 2025

Kompas.com - 08/05/2024, 20:12 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan World of Coffee Trade Show tahun 2025. Hal ini sejalan dengan RI yang merupakan negara produsen kopi ke-4 terbesar di dunia.

Penandatanganan kesepakatan tuan rumah pun dilakukan oleh CEO Specialty Coffee Association (SCA), Yannis Apostolopoulos, CEO Exporum Inc. Danny Shin, dan Ketua Umum Asosiasi Spesial Kopi Indonesia (AKSI SCAI) Daryanto Witarsa di Busan Korea Selatan.

Nantinya, World of Coffee Jakarta akan diselenggarakan pada 15-17 Mei 2025 di Jakarta Convention Center (JCC). Pameran kopi internasional ini diselenggarakan bekerja sama dengan Dyandra Promosindo.

Baca juga: Manisnya Bisnis Pie Kopi Khas Aceh Selama Libur Lebaran

Penyelenggaraan acara ini pun didukung oleh Kementerian BUMN sebagai upaya dalam membangun dan mengembangkan ekosistem kopi nasional. Harapannya, ajang ini memberikan peluang bagi para petani kopi bertemu pembeli (buyers).

"Ini kesempatan langka buat Indonesia. Para petani kopi bisa ikutan show-off langsung ke importir kopi dari seluruh dunia. Saya berharap ekspor kopi Indonesia bisa lebih banyak dan petani semakin sejahtera," ujar Staf Ahli Menteri BUMN Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM, Loto Srinaita Ginting dalam keterangannya, Rabu (8/5/2024).

Adapun penetapan RI menjadi tuan rumah World of Coffee Trade Show 2025 melalui proses seleksi yang ketat yang dilakukan sejak tahun lalu dan bersaing dengan berbagai negara.

Direktur Pemasaran PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Group Dwi Sutoro mengatakan, biasanya World of Coffee dilaksanakan di negara konsumen, namun pada 2025 menjadi pertama kali dilaksanakan di negara produsen.

Penyelengaraan itu sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah World of Coffee.

"Jadi kali ini kita ajukan di Indonesia sebagai negara produsen. Kita dorong agar para konsumen bisa melihat origin dari setiap beans yang mereka minum. Maka tema event kita tahun depan adalah Back to the Origin," ungkap Dwi.

Direktur Dyandra Promosindo Michael Bayu Sumarijanto menambahkan, sebagai partner penyelenggara World of Coffee Trade Show 2025, pihaknya antusias untuk bekerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainya dalam menghadirkan pameran kopi internasional tersebut.

"Acara ini akan menjadi platform yang luar biasa bagi industri kopi Indonesia untuk memamerkan keberagaman dan kualitas kopi kita kepada dunia," kata Michael.

Baca juga: Cerita Koperasi Rimba Lestari di Gununghalu, Produksi Kopi dengan Energi Terbarukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com