Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emiten Logistik Pertambangan MAHA Bakal Tebar Dividen, Simak Besarannya

Kompas.com - 08/05/2024, 18:48 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mandiri Herindo Adiperkasa Tbk (MAHA) berencana membagikan dividen sebesar Rp 199 miliar dari laba bersih tahun buku 2023.

Hal ini disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada Rabu (8/5/2024).

“RUPST MAHA memutuskan akan membagikan dividen sebesar Rp 199 miliar atau setara Rp 12 per lembar sahamnya,” kata Direktur Utama PT Mandiri Herindo Adiperkasa Yenny Hamidah Koean di Jakarta.

Baca juga: Siap-siap, Antam Bakal Tebar Dividen 100 Persen dari Laba Bersih 2023

Nilai itu setara dengan 75 persen dari raihan laba bersih sepanjang 2023. Adapun pada 2023, MAHA berhasil mengantongi laba bersih sebesar Rp 266 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, laba bersih MAHA tahun 2023 mengalami menurun jika dibandingkan dengan tahun 2022 sebesar Rp 501 miliar.

Namun, laba operasional MAHA mengalami kenaikan dari Rp 421 miliar pada tahun 2022 menjadi Rp 467 miliar pada tahun 2023.

Hal ini disebabkan oleh penurunan nilai investasi saham yang belum direalisasikan, di mana pada tahun 2022 terdapat kenaikan investasi saham belum direalisasikan dengan nilai yang cukup signifikan.

“Prospektus perseroan akan membagikan dividen sebanyak-banyaknya 40 persen dari laba bersih. Namun, presentase dividen yang diusulkan pada RUPST lebih besar dibanding yang telah disampaikan pada prospektus awal,” jelas dia.

Dia melanjutkan, pembagian dividen dilakukan untuk memberikan nilai tambah atas kepercayaan dan dukungan para pemegang saham kepada perseroan selama ini.

Yenny menjelaskan, RUPST juga menyepakati penyisihan dana cadangan sebesar Rp 1,35 miliar sesuai UUPT.

Selain itu, MAHA mengalokasikan sebagai dana cadangan dan saldo laba ditahan sebesar Rp 64,84 miliar sebagai modal kerja pengembangan bisnis Perseroan dengan melihat peluang kontrak baru ke depannya.

Baca juga: Siap-siap, Antam Bakal Tebar Dividen 100 Persen dari Laba Bersih 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com