Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Perkirakan Pembangunan Bandara VVIP IKN Rampung Tahun Depan

Kompas.com - 08/05/2024, 16:09 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur diperkirakan akan rampung seluruhnya pada 2025.

Sementara Presiden Joko Widodo sebelumnya menargetkan Bandara VVIP di IKN yang digroundbreaking pada 1 November 2023 ini dapat beroperasi penuh pada Desember 2024.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, saat ini pemerintah tengah fokus menyelesaikan pembangunan Bandara VVIP IKN tahap pertama agar dapat dioperasikan terbatas untuk keperluan HUT RI di IKN pada 17 Agustus mendatang.

Baca juga: Uji Coba Bandara VVIP IKN Akan Dilakukan pada Juli 2024

Bandara VVIP Ibu Kota NusantaraKOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara

"Airport akan bisa didarati dan bisa mengakomodasi 3 pesawat untuk sampai tanggal 17 Agustus (2024), tapi untuk selesai kira-kira 1 tahun lagi selesai," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (8/5/2024).

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni mengungkapkan, pihaknya telah menyelesaikan beberapa aspek pekerjaan di bandara VVIP IKN.

Ini antara lain pekerjaan pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VIP, pekerjaan bored pile, pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VVIP, pekerjaan pancang dan erection TC di Gedung ATC.

Kemudian telah diselesaikan juga pekerjaan minipile dan pilecap Gedung Peribadatan, pekerjaan minipile di Gedung Bengkel dan lab karantina, serta pekerjaan cut and fill di jalan akses utama, embung, dan jalan perimeter barat.

Baca juga: Bandara VVIP IKN Bakal Dioperasikan Terbatas Saat Upacara 17 Agustus

Selanjutnya, rencana pekerjaan pada minggu ke-20 akan dilakukan pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai area Terminal VVIP, pekerjaan berikutnya bored pile, pilecap, dan plat lantai di Gedung Terminal VIP, pekerjaan lanjutan pondasi pancang dan pilecap di Gedung ATC, serta pekerjaan lanjutan cut & fill.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com