Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Bandara VVIP IKN Akan Dilakukan pada Juli 2024

Kompas.com - 24/04/2024, 13:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis Bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat diujicoba pada Juli 2024.

Sebab berdasarkan tinjauannya ke Bandara VVIP IKN pada Selasa (23/4/2024), pembangunan bandara sampai saat ini masih sesuai rencana.

"Sejauh ini, progres pembangunan Bandara IKN berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Melihat perkembangannya, saya optimis bandara ini dapat diujicobakan pada bulan Juli mendatang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa.

Baca juga: Bakal Pindah ke IKN, Erick Thohir Tawarkan Investor Kelola Aset BUMN di Jakarta

Dalam peninjauan tersebut, Menhub mengecek sejumlah lokasi, salah satunya titik yang nantinya akan menjadi landasan pacu atau runway pesawat. Bakal runway ini tengah dilakukan pekerjaan perbaikan tanah (soil improvement).

"Secara garis besar, pengerjaannya sudah bagus," kata Menhub.

Menhub mengklaim pembangunan Bandara IKN dikerjakan dengan sangat serius. Semua pekerja, kata Menhub, bekerja secara intensif demi memastikan proyek tersebut dapat selesai tepat waktu.

Baca juga: Kemenhub Mulai Hitung Kebutuhan Formasi ASN di IKN

Bahkan untuk mempercepat proses pembangunan Bandara IKN, pemerintah menambah tenaga kerja dari 367 orang menjadi 458 orang pada April 2024.

Selain itu, untuk mempermudah akses logistik, jalan akses utama juga diharapkan bisa selesai pada awal Mei 2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni berharap agar Bandara IKN dapat rampung sesuai rencana dan dapat digunakan pada upacara 17 Agustus mendatang.

Baca juga: PNS yang Dipindah ke IKN Bisa Tempati Apartemen Mulai September

"Kami juga berharap bandara ini cepat selesai, Juli selesai. Kemudian, ketika perayaan 17 Agustus sudah ada yang bisa mendarat di sini, membawa Bapak (Menhub) juga," ucap Kristi.

Untuk diketahui, progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-19 telah mencakup beberapa aspek, di antaranya pekerjaan pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VIP, pekerjaan bored pile, pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VVIP.

Kemudian juga dilakukan pekerjaan pancang dan erection TC di Gedung ATC, pekerjaan minipile dan pilecap Gedung Peribadatan, pekerjaan minipile di Gedung Bengkel dan lab karantina, serta pekerjaan cut and fill di jalan akses utama, embung, dan jalan perimeter barat.

Baca juga: Luhut Ungkap Tugas dari Jokowi Jadi Koordinator Investasi Apple di IKN

Adapun rencana pekerjaan pada minggu ke-20, akan dilakukan pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai area Terminal VVIP, pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai di Gedung Terminal VIP, pekerjaan lanjutan pondasi pancang dan pilecap di Gedung ATC, serta pekerjaan lanjutan cut and fill.

Sebagai informasi, Bandara IKN punya luas terminal 7.350 meter persegi dan luas area bandara 347 hektar. Konsep desain terminal bandara ini akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah lingkungan.

Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, Bandara IKN dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Baca juga: Luhut: Apple Tertarik Investasi Kembangkan AI di IKN, Bali, dan Solo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com