Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara VVIP IKN Bakal Dioperasikan Terbatas Saat Upacara 17 Agustus

Kompas.com - 18/04/2024, 13:13 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengoperasikan secara terbatas Bandara VVIP saat upacara 17 Agustus perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pembangunan Bandara VVIP IKN tahap pertama akan selesai pada akhir Juli 2024.

Pengerjaan yang akan selesai meliputi landasan pacu (runway) sepanjang 2.200 meter dan tempat parkir pesawat (parking stand untuk pesawat berbadan ramping (narrow body).

Baca juga: Garuda Indonesia Minat Buka Penerbangan ke Bandara VVIP IKN, Masih Tunggu Arahan Pemerintah

Lahan Badan Bank Tanah yang digunakan untuk pembangunan Bandara VVIP di IKN.Dok. Badan Bank Tanah Lahan Badan Bank Tanah yang digunakan untuk pembangunan Bandara VVIP di IKN.

Dengan demikian, bandara ini dapat dioperasikan secara terbatas untuk tamu Very Very Important Person (VVIP) saat upacara 17 Agustus di IKN mendatang.

Namun demikian, dia tidak menjelaskan lebih lanjut siapa saja tamu VVIP yang akan mendarat di bandara ini lantaran hal tersebut menjadi wewenang Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

"Dioperasikan secara terbatas (untuk upacara kemerdekaan di IKN). Yang masuk kategori VVIP yang ditetapkan Setneg," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/4/2024).

Adita mengungkapkan, sejauh ini pembangunan Bandara VVIP IKN berjalan sesuai jadwal sehingga dapat rampung pada akhir 2024 sesuai target seiring dengan penyelesaian tahap 2 pada Desember 2024.

Baca juga: Pemerintah Berikan Ganti Rugi untuk Warga Terdampak Proyek Pembangunan Bandara VVIP IKN

Meski demikian, dia tidak dapat memastikan kapan Bandara VVIP IKN ini akan diresmikan.

"Saat ini fokus ke penyelesaiannya dulu," kata Adita.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau grounbreaking Bandara VVIP IKN pada 1 November 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com