Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Minta Tambahan Anggaran Rp 544 Miliar untuk Bangun Bandara VVIP IKN

Kompas.com - 05/09/2023, 16:22 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 544 miliar untuk pembangunan Bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2024.

Bandara VVIP IKN ini terletak di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni mengatakan, penambahan anggaran ini telah diusulkan melalui Surat Menteri Perhubungan namun usulan ini belum disetujui pemerintah.

Baca juga: Pengusaha Brunei Tertarik Garap Proyek di IKN

Adapun dalam paparannya, anggaran pembangunan Bandara VVIP di IKN sebesar Rp 544 miliar pada 2024 akan digunakan untuk pembangunan fasilitas sisi darat Bandara VVIP IKN sebesar Rp 536,4 miliar dan manajemen konstruksi sebesar Rp 7,6 juta.

"Namun memang sampai saat ini kami belum mendengar adanya akomodir di dalam Surat Bersama Pagu Anggaran (SBPA) tanggal 31 Juli 2024," ujarnya saat RDP dengan Komisi V DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Sementara untuk kebutuhan anggaran untuk pembangunan Bandara VVIP di IKN tahun ini sebesar Rp 136 miliar, yaitu Rp 134,1 miliar untuk pembangunan fasilitas sisi darat Bandara VVIP IKN dan manajemen konstruksi sebesar Rp 1,9 juta.

Baca juga: Bakal Bangun 4 Proyek Perkeretaapian di IKN, Kemenhub: Pembangunan 2025-2029

"Untuk kebutuhan anggaran tahun 2023 sebesar Rp 136 miliar dialokasikan dengan revisi anggaran tahun 2023 dari blokir AA (Automatic Adjustment) dan PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak)," ucapnya.

Saat ini progres pembangunan Bandara VVIP IKN dalam tahap penyiapan dokumen perencanaan seperti studi kelayakan, rencana induk dan penetapan lokasi, rencana teknik terinci.

Sementara untuk pembangunan fasilitas sisi darat Bandara VVIP IKN akan dimulai November 2023 sedangkan manajemen konstruksi dimulai Oktober 2023.

Baca juga: Otorita: Malaysia dan Singapura Berminat Investasi di IKN

Sebagai informasi, pada Agustus lalu tengah dilaksanakan proses persiapan pembangunan bandara, yang merujuk pada desain runway dan terminal karya anak bangsa. Diharapkan ini dapat digunakan pada saat 17 Agustus 2024.

Nantinya, desain bandara VVIP akan menunjukkan ciri khas budaya Kalimantan. Di samping itu, bandara juga akan berkonsep ramah lingkungan atau green airport serta memperhatikan sisi estetika.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara VVIP IKN, Menhub bersama Menteri PUPR ditunjuk oleh Presiden RI Joko Widodo untuk memimpin pembangunan serta pengoperasian Bandara VVIP.

Baca juga: IKN Dilirik 270 Calon Investor, Ada dari Singapura dan Malaysia

Bandara VVIP IKN akan digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN. Dibangun dengan luas terminal VVIP 2000 meter persegi (m²) dan terminal VIP 5000 m² serta runway sepanjang 3000 x 485 meter, bandara ini berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

Adapun pendanaan pembangunan dan pengoperasian Bandara VVIP bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: ASN Pindah ke IKN Bakal Dapat Tunjangan Tambahan dan Sederet Fasilitas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com