Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Garap Landasan Pacu Bandara VVIP di IKN

Kompas.com - 31/08/2023, 11:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggarap landasan pacu Bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan membangun Bandara VVIP di IKN bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kemenhub bertugas membangun terminal dan mendesain seluruh Bandara VVIP di IKN.

Sementara Kementerian PUPR mendapat jatah membangun dari sisi landasan udara (runway), akses tol menuju bandara, landasan penguhubung armada (taxiway), dan bagian parkir pesawat (apron).

"Untuk pembangunan Bandara VVIP ditugaskan kepada Kementerian PUPR dan Kemenhub, bagi tugas," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: Menteri PUPR Sebut Proyek Bandara VVIP IKN Akan Dilelang Oktober 2023

Selain itu, dia mengungkapkan, lelang proyek untuk pembangunan landasan pacu Bandara VVIP di IKN akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

"Oktober tahun ini," kata dia.

Sebagai informasi, Bandara VVIP di IKN ini akan berlokasi kurang lebih 25 kilometer dari Bandara Sepinggan di Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian PUPR sebagai salah satu pihak yang terlibat dalam pembangunan Bandara VVIP di IKN ini telah menyiapkan anggaran sebesar R p2,7 triliun.

Baca juga: Bandara VVIP di IKN Usung Konsep Ramah Lingkungan

Anggaran ini di antaranya untuk membangun bagian lapangan terbang (airstrip), mulai dari landasan penghubung (taxiway) hingga landasan pacu (runway).

"Kalau di PU (Kementerian PUPR) hanya Rp2,7 triliun untuk airstrip, untuk taxiway dan runway. Kalau (Kementerian) Perhubungan di terminalnya," ujar Basuki di Istana Negara, akhir Juli lalu.

Kucuran anggaran tersebut menyusul dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara Udara VVIP untuk mendukung Ibu Kota Baru.

Apabila proses pengerjaan bandara berjalan mulus, maka diharapkan Bandara VVIP di IKN dapat digunakan pada Agustus 2024.

Baca juga: Menhub: Lokasi Dermaga Wisata IKN di Punggur, Bandara VVIP Masih Dikaji

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com