Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PUPR Sebut Proyek Bandara VVIP IKN Akan Dilelang Oktober 2023

Kompas.com - 17/08/2023, 06:43 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah akan melaksanakan lelang untuk proyek pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Oktober 2023.

"Ya ini, (lelang) yang Bandara VVIP. Kalau perencanaannya sudah dilaksanakan. Kita memakai sisa lelang untuk dilakukan sekarang, uang mukanya yang untuk 2024. Mungkin Oktober, kayak lelang dini," katanya ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Sementara itu, untuk pembangunan megaproyek Ibu Kota Nusantara ini, Kementerian PUPR mendapat jatah sebesar Rp 35,6 triliun lebih tahun anggaran 2024.

Baca juga: Pengadaan Barang dan Jasa di IKN Bakal Dipercepat

Sedangkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerima Rp 5 triliun untuk pembangunan Bandara VVIP sehingga total untuk pembangunan IKN mencapai Rp 40 triliun.

"Total Rp 40 triliun, yang kami Rp 35,672 triliun, yang lainnya lari ke (Kementerian) Perhubungan untuk Bandara VVIP," jelas Basuki.

Dia juga menambahkan bahwa Oktober sudah ada rumah menteri yang sudah dipernis.

"Kalau rumah menteri, nanti Oktober ini sudah ada dua atau tiga selesai pernis," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi  menjelaskan, saat ini, proses persiapan pembangunan Bandara VVIP sedang berlangsung dengan merujuk pada desain runway dan terminal karya anak bangsa.

Hal tersebut dia kemukakan saat meninjau lokasi pembangunan Bandara VVIP IKN yang terletak di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Sabtu (5/8/2023).

"Kita harapkan apa yang kita bangun ini akan dapat digunakan pada saat 17 Agustus 2024," ucapnya.

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara VVIP IKN, Menhub bersama Menteri PUPR ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memimpin pembangunan serta pengoperasian Bandara VVIP.

Bandara VVIP IKN berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan di Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

Nantinya bandara ini akan digunakan melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN. Dibangun dengan luas terminal VVIP 2.000 meter persegi dan terminal VIP 5.000 meter persegi, serta runway sepanjang 3.000 x 485 meter.

Baca juga: Bandara VVIP di IKN Usung Konsep Ramah Lingkungan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com