Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Bappenas Sebut Pembangunan IKN Capai 80,82 Persen

Kompas.com - 06/05/2024, 13:08 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan tahap pertama Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah mencapai 80,82 persen hingga 25 April 2024.

"Hingga saat ini telah mengalami kemajuan sebesar 80,82 persen dari target pembangunan tahap pertama," kata Suharso dalam pembukaan Musrenbangnas 2024 secara virtual, Senin (6/5/2024).

Suharso mengatakan, pembangunan IKN tahap pertama meliputi Kawasan Inti Pemerintahan, Istana Presiden, lapangan upacara sumbu kebangsaan, gedung Kementerian/Lembaga, hunian Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga rumah sakit.

Ia mengatakan, Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan bahwa permintaan investasi untuk pembangunan terus meningkat yang ditunjukkan melalui 5 kali pelaksanaan groundbreaking oleh Presiden Jokowi.

"Total investasi nilai Rp 49,6 triliun," ujarnya.

Baca juga: Jalan Utama IKN Dipersolek, Ada Street Furniture dan Jalur Sepeda Berpori

Lebih lanjut, Suharso mengatakan, Presiden Jokowi pernah bertanya apakah hak milik tanah di IKN diperbolehkan.

Ia mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara hak milik tanah diperbolehkan.

"Saya menjawab pada beliau (Jokowi) bahwa itu sangat dimungkinkan dan dibolehkan sebagaimana termasuk di dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang ibukota negara pada pasal 15A ayat 1,5,6,8,9 dan seterusnya," ucap dia.

Baca juga: Otorita IKN Mau Uji Coba Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang pada Juli 2024

 


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, persiapan pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah detail.

Dia mengungkapkan, secara fisik persiapan itu tidak ada masalah.

"Jadi fisiknya enggak ada masalah sampai hari ini. Kemudian, acara sudah dirancang kapasitas berapa, acaranya apa, sudah sedetil itu di Januari, sudah hampir final," kata Jokowi kepada wartawan di IKN, Kamis (29/2/2024), sebagaimana dilansir YouTube Sekretariat Presiden.

Kendati begitu, dia meminta perihal rinci persiapan 17 Agustus 2024 ditanyakan kepada menteri terkait.

Menteri yang dimaksud adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

"Tanya ke ke menteri PU, ke kepala otorita IKN. Enggak ada masalah," ujar Jokowi.

Baca juga: Menteri Basuki Bakal Pindah ke IKN Juli 2024 dengan 2 Menteri Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com