Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertagas Gelar Pelatihan untuk Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Penyangga IKN

Kompas.com - 25/05/2024, 15:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Sebagai upaya untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat penyangga IKN, afiliasi PT PGN Tbk Sub Holding Gas Pertamina yakni PT Pertamina Gas (Pertagas) menggelar pelatihan peningkatan perekonomian dengan pengolahan produk pertanian di wilayah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selain pelatihan, Pertagas juga menyerahkan bantuan sarana prasarana pengembangan pupuk kompos dan pupuk organik cair (POC) dari limbah organik di Desa Karya Jaya Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan ini diikuti oleh 23 orang terdiri dari pengurus BUMDes Mitra Karya dan Kelompok Tani Pemuda dengan materi pembuatan pupuk organik cair, padat organik, fungisida dan insektisida nabati dengan melibatkan Dwi Dalli Mulianto sebagai fasilitator dan instruktur pelatihan.

“Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat mendukung peningkatan ekonomi melalui BUMDes dengan memanfaatkan limbah disekitar sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk pertanian mandiri guna mendukung pertanian berkelanjutan,” kata Head of External Relation East Region, Yedo Kurniawan dalam siaran pers, Sabtu (25/5/2024).

Baca juga: Penggunaan Gas Domestik Didominasi Industri, Paling Banyak Industri Pupuk

Salah satu peserta kegiatan pelatihan bernama Khory mengaku sangat terbantu dengan fasilitas peralatan dan memberikan pelatihan pembuatan produk pertanian mandiri yang ramah lingkungan.

"Permasalahan petani saat ini adalah degradasi lahan dan serangan hama sehingga membutuhkan komposisi unsur hara tanah yang kaya akan nutrisi dan mikroba baik untuk tanaman," ujar Khory.

Kepala Desa Karya Jaya Parijo mengatakan, BUMDes Mitra Karya baru berusia dua tahun dan dalam perjalanannya banyak sekali kendala yang dihadapi terutama rendahnya pengetahuan terkait pertanian serta modal usaha dalam pengembangan BUMDes.

“Hadirnya pendampingan dari Pertagas menumbuhkan semangat baru bagi kelompok masyarakat dan memotivasi untuk menghadirkan produk turunan baru yang nantinya mampu bernilai jual,” ungkap Parjio.

Baca juga: Pembangunan IKN Jadi Berkah Bagi Industri Penerbangan


Terpisah, Manager Communication Relations and CSR Pertagas Imam Rismanto menyampaikan, pelatihan produk olahan pertanian ini merupakan salah satu program TJSL yang dijalankan dalam aspek pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan nilai ekonomis dari hasil pertanian yang ada di Samboja.

“Ini diharapkan dapat menjadi penggerak perekonomian berbasis masyarakat desa yang memberikan dampak positif dengan mengedepankan keberlangsungan ekosistem lingkungan yang ada di masyarakat,” jelas Imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com