Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Implementasi Energi Berkelanjutan, ITDC Nusantara Utilitas Gandeng Jasa Tirta Energi

Kompas.com - 25/05/2024, 12:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


NUSA DUA, KOMPAS.com - Sebagai upaya mendorong penggunaan energi yang berkelanjutan, PT ITDC Nusantara Utilitas (ITDC NU) menjalin kerja sama dengan PT Jasa Tirta Energi, yang merupakan anak perusahaan dari Perum Jasa Tirta I.

Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tersebut menyepakati Kerjasama Layanan Operation dan Maintenance Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Water Treatment Plant (WTP) atau Waste Water Treatment Plant (WWTP), Konstruksi dan Pengelolaan Sumber Daya Air serta Pengembangan Energi Baru Terbarukan.

Penandatanganan MoU ini, juga merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU ini akan diterbitkan kajian atau studi kelayakan proyek dari aspek ekonomi, keuangan, hukum, operasional, perizinan, teknis, risiko dan aspek lainnya yang diperlukan dalam pelaksanaan kerja sama ini, serta kajian rencana bisnis dan skema bisnis yang memungkinkan untuk kerja sama.

Baca juga: ITDC Berkomitmen Tetap Kembangkan Kawasan Mandalika

Kerja sama ini merupakan salah satu torehan tonggak sejarah bagi ITDC NU dan PT Jasa Tirta Energi, dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya air dalam kehidupan, yang juga selaras dengan agenda World Water Forum (WWF) ke-10 di The Nusa Dua, Bali.

“Penandatanganan MoU ini dimaksudkan untuk memfasilitasi diskusi, pertukaran pengetahuan, serta melahirkan ide-ide inovatif dalam mengatasi isu-isu terkini dalam pengelolaan sumber daya air,” kata Direktur Utama PT ITDC Nusantara Utilitas, Anak Agung Istri Ratna Dewi dalam siaran pers, Sabtu (25/5/2024).

Baca juga: ITDC Garap Kawasan Ekonomi Khusus Bira dan Takabonerate

Dia mengatakan, kerja sama ini adalah wujud komitmen ITDC NU sebagai perusahaan penyedia sistem utilitas terintegrasi. Melalui kerja sama ini, pihaknya berharap dapat meningkatkan pengembangan dan pengelolaan utilitas, khususnya dalam inovasi pengolahan limbah, pengelolaan sumber daya air, dan pengelolaan pembangkit listrik energi terbarukan di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami yakin Kerja sama ini akan memberikan dampak positif bagi penataan dan operasional Kawasan Pariwisata dan Kawasan Industri di seluruh Indonesia,” ungkap dia.

Sumber daya air merupakan modal dasar pembangunan nasional yang bertujuan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Oleh karena itu, sumber daya air harus dikelola secara selaras agar pemanfaatannya dapat berkelanjutan.

Baca juga: Bantah Punya Utang Rp 4,6 Triliun, Ini Penjelasan ITDC

 


Pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan menjadi sebuah komitmen moral bagi semua pihak yang berbasis lingkungan hidup. Pengelolaan sumber daya ini ditujukan untuk kepentingan generasi sekarang dan juga generasi yang akan datang.

“Lewat kerja sama ini kami berkomitmen untuk mengembangkan solusi inovatif dalam pengelolaan sumber daya air dan energi terbarukan,” ungkap Ratna.

“Kerja sama ini diharapkan tidak hanya memperkuat infrastruktur utilitas nasional, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan bagi keberlanjutan lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia,” tegas Ratna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com