Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Menko Airlangga Beberkan Keberhasilan Perekonomian Indonesia di Hadapan Para Pemimpin Global pada Nikkei Forum 2024

Kompas.com - 25/05/2024, 10:12 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berbicara di hadapan para pemimpin global, para ahli ekonomi, dan akademisi dari kawasan Asia-Pasifik dalam kegiatan Nikkei Forum 2024 di Tokyo, Jumat (24/5/2024).

Pada acara bertajuk “Future of Asia” tersebut, Airlangga yang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan tentang upaya Indonesia yang mampu menjaga ketangguhan perekonomian dalam menghadapi ketidakpastian global.

Selain itu, ia juga berbicara tentang berbagai peluang berinvestasi di Indonesia.

“Selama pandemi Covid-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya, perekonomian Indonesia mampu menjadi salah satu yang berkinerja terbaik di dunia. Sejak kuartal II 2021, rata-rata pertumbuhan perekonomian Indonesia secara year-on-year (yoy) terus berada di kisaran 5 persen,” ujar Airlangga dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/5/2024).

Airlangga menambahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2024 juga mampu mencatatkan angka sebesar 5,11 persen yoy.

Pertumbuhan itu diikuti dengan tingkat inflasi tahunan sebesar 3,00 persen pada April 2024. Angka ini masih berada dalam batas sasaran inflasi yang ditetapkan, yaitu 2,5±1 persen.

Produk domestik bruto (PDB) per kapita Indonesia juga cenderung meningkat sejak pandemi dengan target pendapatan per kapita sebesar 5.500 dollar AS pada 2024.

“Indonesia mendorong pertumbuhan ekonomi yang stabil melalui stabilitas politik dan sosial. Tentu saja hal ini merupakan sebuah kondisi yang sangat baik bagi para investor ataupun para pelaku bisnis dan pelaku ekonomi,” kata Airlangga.

Saat ini, tambah Airlangga, Pemerintah Indonesia juga sedang melakukan transisi secara bertahap untuk memastikan keberlanjutan berbagai program.

Baca juga: Bertemu Petinggi Nikkei Inc, Menko Airlangga Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia

Sementara, transformasi ekonomi yang menjadi agenda utama Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan terus dilaksanakan untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

Arah kebijakan transformasi ekonomi ditempuh untuk menghindari middle income trap dalam 20 tahun ke depan.

Kebijakan tersebut akan dilaksanakan melalui dua skenario. Pertama, skenario transformatif dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen per tahun agar bisa terlepas dari middle income trap pada 2041.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto berbicara di Nikkei Forum 2024, Tokyo, Jumat (24/5/2024).Dok. Menko Perekonomian Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto berbicara di Nikkei Forum 2024, Tokyo, Jumat (24/5/2024).

Kedua, skenario optimistis dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen per tahun untuk terlepas dari middle income trap pada 2038.

Selain kebijakan transformasi ekonomi, reformasi struktural juga akan terus dilakukan. Pemerintah memiliki komitmen untuk bisa menjaga iklim investasi melalui kemudahan prosedur berusaha. Salah satunya melalui implementasi penuh Undang-Undang Cipta Kerja.

“Untuk mendukung reformasi struktural, Pemerintah Indonesia telah melakukan proses untuk menjadi anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Dengan mengadopsi standar OECD, hal ini diharapkan mampu mendukung pencapaian target PDB per kapita sebesar 30.300 dollar AS pada 2045,” ucap Airlangga.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com