Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara VVIP di IKN Usung Konsep Ramah Lingkungan

Kompas.com - 06/08/2023, 11:41 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong percepatan pembangunan bandara Very-Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Saat ini tengah dilaksanakan proses persiapan pembangunan bandara, yang merujuk pada desain runway dan terminal karya anak bangsa. Kita harapkan apa yang kita bangun ini akan dapat digunakan pada saat 17 Agustus 2024," ujar saat meninjau lokasi pembangunan bandara VVIP di IKN, dikutip dari siaran pers Kemenhub, Minggu (6/8/2023).

Bandara ini akan mengusung konsep ramah lingkungan serta menampilkan ciri khas budaya Kaltim.

Baca juga: Pertamina Akan Bangun Rumah Sakit hingga Kampus di IKN

"Kita akan memberikan satu upaya yang terbaik agar arsitektur dari sini tampak budaya dari Kalimantan, dan jangan lupa konsepnya green airport," kata Budi.

Bandara VVIP IKN akan digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN. Bandara akan dibangun dengan luas terminal VVIP 2.000 meter persegi (m²) dan terminal VIP 5.000 m².

Bandara dengan runway sepanjang 3.000 x 485 meter itu berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

Baca juga: Kantongi Sertifikat HPL untuk 34.000 Hektar di IKN, Otorita: Memberikan Kepastian Hak Pengelolaan

Adapun pendanaan pembangunan dan pengoperasian Bandara VVIP bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Dalam waktu dekat juga, mungkin bulan Juli akhir atau Agustus itu akan dibangun bandara VVIP. Ke IKN itu sekitar 10 menit sudah sampai, yang hari ini lahannya sedang di-clearing," kata dia, Selasa (1/8/2023).

Saat ini, IKN ditempuh dengan waktu 30 menit dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.

Baca juga: Airlangga Persiapkan Kepindahan ASN Kemenko Perekonomian ke IKN

Dalam kunjungan kerjanya, Menhub juga meninjau Terminal Tipe A Batu Ampar di Balikpapan. Terminal ini disiapkan sebagai hub transportasi darat, dari dan menuju IKN.

Di samping terminal, Kemenhub juga menyiapkan dukungan transportasi menuju IKN dari sisi pelabuhan. Dikutip dari Kompas.com, Deputi Sosial dan Budaya Otorita IKN, Alimuddin mengatakan, pembangunan bandara VVIP akan dimulai paling lambat Agustus 2023.

Baca juga: Menteri PUPR: Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN Akan Selesai Juli 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com