Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Pasar Penting Bisnis Makanan Korea

Kompas.com - 06/08/2023, 08:22 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pangsa pasar makanan Korea di Indonesia terbilang tinggi. Pasalnya, Kementerian Pertanian, Pangan, dan Urusan Pedesaan Korea dan Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation atau aT Center mencatat permintaan Korean Food di Indonesia capai 300 juta dollar AS.

"Tahun lalu pertama kalinya total penghasilan Korean Food di Indonesia hingga 300 juta dollar AS . Dan popularitasnya cukup meningkat,” ujar juru bicara aT Center, Kyung Min Lee kepada KONTAN, Jumat (4/8/2023).

Kyung Min Lee menambahkan jenis makanan seperti Ramyun dan Ttteokbokki menjadi kuliner pilihan yang banyak dibeli pasar di Indonesia. Tak hanya itu, kuliner berbahan strawberry, shine muscat dan produk makanan segar asal Korea juga permintaannya cukup banyak di Indonesia.

Baca juga: Gandeng K-Lab, Hanwha Life Tawarkan Layanan Kesehatan dari Korea

“Kami melihat pangsa pasar di Indonesia merupakan negara utama yang penting untuk perkembangan bisnis makanan korea,” tuturnya.

Kyung berharap ke depannya Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation atau aT Center akan berpartisipasi dalam pameran-pameran makanan&minuman di Indonesia.

Sebelumnya, dalam Food and Hotel International (FHI) Jakarta 2023, Pemerintah Korea dan Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation atau aT Center juga mencatat total ekspor ke Indonesia selama empat hari pameran pada 25 Juli sampai 28 Juli di Jakarta mencapai 8,39 juta dollar AS.

Baca juga: Peretas Korea Utara Diduga Lakukan Pencurian Kripto Senilai 35 Juta Dollar AS

Pameran FHI merupakan pameran perdagangan internasional terbesar di Indonesia yang diadakan dua tahun sekali sejak tahun 1995. Menandai edisi ke-17 kali ini, "Paviliun Korea" berpartisipasi dengan delapan perusahaan ekspor yang menampilkan berbagai produk makanan yang menarik perhatian pembeli lokal yang mengunjungi pameran.

Kementerian Pertanian dan aT Center menvelenggarakan "Paviliun Korea" membawa delapan perusahaan makanan Korea yang sejalan dengan tren makanan terkini di Indonesia, yang menunjukkan peningkatan kesadaran akan kesehatan dan produk segar Korea.

Baca juga: Indonesia-Korea Selatan Kembangkan Teknologi Pengelolaan Sampah Ramah Lingkungan

Produk yang dipamerkan yaitu produk makanan sehat seperti ginseng merah, serta produk segar Korea seperti pir, kilap, dan kesemek. Selain itu, ada juga berbagai produk saus Korea dan makanan ringan populer, menciptakan pengalaman cita rasa Korea.

“Selanjutnya kami juga akan terus berpartisipasi dalam pameran Korea (SIAL Interfood – Oktober 2023) dan pameran peminatan pelanggan dalam perayaan 50 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Korea bulan September. Kami juga akan membuka pintu ke pasar Indonesia dengan melaksanakan proyek event seperti K-Food Fair,” tambah Kyung. (Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani)

Baca juga: Luhut Bujuk Korea Selatan Kerja Sama Kembangkan Pasar Rumput Laut

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bisnis Makanan Korea Diminati, Penjualannya Capai US$ 300 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com