Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Curhat Pernah Terjebak Macet 6 Jam ke Sukabumi Sebelum Ada Tol

Kompas.com - 05/08/2023, 23:03 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Kompas TV

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak. Jokowi pun bersyukur kini ada tol yang menghubungkan langsung Jakarta ke Sukabumi.

Dengan tol ini, perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi akan lebih singkat. Jokowi mengatakan beroperasinya Jalan Tol Bocimi Seksi 2 dapat memangkas waktu tempuh Jakarta-Sukabumi menjadi hanya 2,5 jam.

Sebelum ada tol, waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi seringkali mencapai 5 jam. Bahkan bisa sampai 6 jam sampai 8 jam karena kemacetan di beberapa ruas jalan.

Jokowi bercerita, ia pernah terjebak macet hingga 6 jam sebelum ada Tol Bocimi. Macet salah satunya disebabkan karena puluhan ribu pekerja tumpah ruah ke jalan saat jam masuk dan pulang kerja.

Baca juga: Profil Pelabuhan Jamrud Surabaya, Terminal Tersibuk di Tanjung Perak

"Alhamdulillah ruas Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sudah diresmikan. Dan ini akan mempercepat perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi. Biasanya 5 jam menjadi 2,5 atau 2 jam," kata Jokowi usai acara peresmian dikutip dari Kompas TV, Sabtu (5/8/2023).

"Bahkan sebelumnya ada yang sampai 6 jam, 9 jam, 8 jam karena ada pasar menjadi macet, pekerja keluar dari pabrik macet. Saya ngalamin sendiri sekali, hampir 6 jam," ujar dia lagi.

Kemacetan yang terjadi di jalur Bogor-Sukabumi memang sudah melegenda. Faktor jalan yang sempit, menjamurnya angkot, hingga banyaknya truk ukuran kecil sampai truk kontainer membuat lalu lintas sangat padat.

Sebagai informasi saja, Tol Bocimi untuk ruas II yang baru saja diresmikan memiliki panjang 11,9 kilometer yang menelan biaya pembangunan Rp 3,2 triliun.

Baca juga: Info Pelabuhan Bangsal Lombok, Jadwal, dan Tiketnya

Tol Bocimi memiliki IV seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km. Seksi I ruas Ciawi Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Kemudian dua seksi lainnya, yakni Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi IV ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dalam progres pembebasan lahan.

Jokowi juga berharap mobilitas masyarakat dan barang dapat semakin cepat dengan adanya tol ini.  Sehingga, lanjut dia, investasi kawasan Sukabumi dapat meningkat. Apalagi, Jokowi berencana membangun ruas lainnya hingga terhubung ke Sukabumi Barat.

Baca juga: Info Pelabuhan Tigaras, Jadwal Kapal, dan Harga Tiketnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com